panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Kedu
22 Januari 2012
Banyak Pengawas Sekolah Diminta Perpanjang BUP

MAGELANG- Ketua Pengurus Besar (PB) PGRI Dr H Sulistiyo mengaku memperoleh beberapa pengaduan berkaitan dengan masa kerja pengawas sekolah. Bahkan saat ini ada beberapa daerah di Jawa Tengah yang meminta pengawas sekolah yang sudah berusia 56 tahun diminta mengajukan perpanjangan batas usia pensiun (BUP).

”Dasarnya adalah PP No 65/2008 tentang perubahan kedua Atas PP No 32/1979 tentang pemberhentian PNS. Itu tentu mengejutkan, mengagetkan dan menggegerkan para  pengawas sekolah,” katanya dalam diskusi terbatas di Magelang, kemarin.

”Ya kasihan mereka, kalau pengajuannya ditolak, maka pengawas pendidikan tadi harus pensiun pada usia 56 tahun. Hal itu disinyalir dijadikan pembenaran bagi beberapa kepala daerah untuk memberhentikan guru yang bertugas sebagai pengawas terutama karena dianggap tidak mendukung saat pilkada,” ungkapnya.

Selama ini, pengawas sekolah pensiunnya adalah sama dengan guru, yaitu 60 tahun. Dasar yang digunakan adalah PP No 74 Tahun 2008 tentang guru, yang menyatakan bahwa pengawas sekolah adalah guru yang diangkat dalam jabatan pengawas sekolah. Selanjutnya, dalam Pasal 30 ayat 4 UU No 14/2005 tentang guru dan dosen, dinyatakan bahwa pemberhentian guru karena batas usia pensiun 60 tahun. Karena itu batas usia pensiun guru, yaitu 60 tahun. ”Sekali lagi, BUP pengawas sekolah sama dengan BUP guru.

Sertifikat Pendidik

Kemudian pasal 1 ayat 1 Permendiknas No 10 tentang sertifikasi guru dalam jabatan, menyebutkan bahwa sertifikasi bagi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidikan kepada guru yang  bertugas sebagai guru kelas, guru mata pelajaran, guru pembimbing dan konseling atau konselor dan guru yang diangkat dalam pengawas satuan pendiddikan.

Maka sejak 2009 pengawas satuan pendidikan atau pengawas sekolah mendapat sertifikat pendidik dan sejak tahun 2010 mendapat tunjangan profesi pendidik, karena sebagai guru yang diangkat pengawas.

”Jadi, jika pengawas sekolah BUP-nya sama dengan  PNS lain, yang bukan guru dan dosen, dikhawatirkan tidak ada guru yang baik yang bersedia menjadi pengawas. Itu berbahaya, karena peran  pengawas sesungguhnya sangat penting, yaitu melakukan pemantauan, penilaian, dan  pembinaan pada satuan pendidikan formal sebagaimana PP No 17/2010. ” Janganlah guru dan pengawas dimainkan dan dijadikan ajang main-main, hanya karena dianggap tidak mendukung atau pemahaman yang salah tentang ketentuan hukum,” paparnya. (E1-28)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER