panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Kampus
12 November 2011
DEBAT : "Reaktualisasi Kuliah Kerja Nyata"
Belajar Hidup dari KKN
  • Laurensia Dhika Maretasani : Mahasiswi Pendidikan Matematika Unnes
”JIKA Aku Menjadi”. Itulah salah satu program reality show  di salah satu stasiun televisi swasta yang pernah saya lihat. Kurang lebih seperti itulah gambaran kehidupan mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN). Pada umumnya mereka turut  serta merasakan pahitnya kehidupan di pedesaan.

KKN adalah salah satu aplikasi dari tridarma perguruan tinggi untuk kegiatan pengabdian masyarakat, terlebih bagi masyarakat kalangan bawah. KKN masih perlu diaktualisasikan karena bukan semata-mata untuk kebutuhan akademik mahasiswa, untuk mencapai target  IP,  melainkan untuk memberikan suatu pembelajaran tetang bermasyarakat.

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa KKN kurang efektif dan tidak tepat sasaran, karena menurut mereka, KKN hanya suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa untuk memenuhi tugas mata kuliah KKN, bukan untuk pengabdian diri kepada masyarakat.

Pada kenyataannya, perjalanan mahasiswa dalam melaksanakan KKN tidak semudah dan semulus apa yang banyak orang bayangkan. Mereka dikirim dan disebarluaskan oleh universitas  ke daerah-daerah yang notabene adalah daerah terpencil dengan berbagai bentuk permasalahan yang kompleks, mulai dari masalah ekonomi, pendidkan, sosial, dll.

Selama kurang lebih 45 hari, mereka menjalani kehidupan layaknya kehidupan masyarakat setempat. Tempat tinggal yang sederhana dan menu makanan yang seadanya harus mereka jalani selama berminggu-minggu. Universitas berharap kehadiran mereka memberikan titik terang dan sederet harapan bagi kehidupan masyarakat setempat.

Kehidupan masyarakat sebagai tempat pelaksanaan KKN bukan kehidupan yang mewah, serba ada dan modern. Kadang untuk menuju lokasi, medannya sangat sulit, penuh dengan tanjakan dan jalan yang terjal, belum lagi ada beberapa daerah yang belum bisa dilalui dengan kendaraan bermotor.

Kehidupan seperti inilah yang memberi pelajaran pendewasaan, kemandirian, kegigihan, semangat dan rasa syukur mahasiswa.

Pelaksanaan KKN mengharuskan mahasiswa untuk bekerja ekstrakeras supaya keberadaan mereka di tempat tersebut mampu memberikan arti dan harapan kepada masyarakat. (24)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER