panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
20 Oktober 2011
50 Orang Ikuti Latihan Dasar SAR

BALAIKOTA- Sedikitnya 50 orang mengikuti latihan dasar Search and Rescue (SAR) yang diselenggarakan Kebangpolinmas Salatiga. Kegiatan yang dumulai Senin (17/10) itu akan berakhir pada 24 Oktober.

Sejumlah materi yang disampaikan di antaranya latihan dasar SAR seperti pemadaman kebakaran, pertolongan pertama, dan kedisipilinan.

Para peserta berasal dari berbgai unsur seperti PNS, masyarakat, hansip linmas, tanggap bencana, karang taruna, dan instansi. Para pemateri di antaranya dari BPBD Jateng, Basarnas, dan TNI. Selain praktek, mereka juga mendapatkan teori dalam pelatihan itu.  

Sub Bidang Linmas, Kesbangpolinmas Salatiga, Sunarto menjelaskan, sejauh ini di Salatiga belum terbentuk SAR. Mererka sebenarnya merupakan embrio SAR yang masih menginduk pada Kesbangpolinmas.

’’Kami bangga dengan mereka yang antusias mengikuti kegiatan ini. Meski belum terbentuk badan SAR tersendiri, tetapi mereka nanti siap melakukan kegiatan-kegiatan SAR pada umumnya,’’ katanya.

Kemanusiaan

Sunarto menjelaskan, di Salatiga ini kerawanan alam yang menonjol biasanya tanah longsor, kebakaran, atau orang hanyut di sungai. Selama ini Kesbangpolinmas yang menjadi tempat pengaduan masyarakat atas kejadian-kejadian alam itu.

’’Intinya melalui pelatihan ini kami ingin membentuk sikap mental anggota Tim SAR yakni mengutamakan sisi kemanusiaan dan pantang menyerah,’’ terangnya.

Para peserta tidak hanya dididik layaknya seorang anggota TNI namun mental mereka diarahkan sebagai seorang penolong. Sesuai fungsinya, anggota SAR memberi bantuan di berbagai sektor.

’’Mereka tidak hanya bisa menolong orang lain tapi juga bisa menyelamatkan diri sendiri ketika memberi pertolongan,’’ujar salah seorang pemateri. (H32,H53-87)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER