panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Wacana
16 Mei 2011
SURAT PEMBACA
Tugas dan Kewenangan LPMP Jateng dalam Sertifikasi Guru
Menjawab Surat Pembaca Sdr Riries Sudaryanto, SPd di Suara Merdeka, 16 April 2011 berjudul ”Kecewa terhadap LPMP dan Dinas Pendidikan Nasional” kami sampaikan, sertifikasi guru adalah program Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan adalah Unit Pelaksana Teknis di bawah Kementerian Pendidikan Nasional.

Pelaksanaan sertifikasi guru telah diatur secara transparan dan terbuka melalui Buku Panduan Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2011, Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal PMPTK Kementerian Pendidikan Nasional (selanjutnya disebut Buku 1).

Berdasarkan Buku 1, halaman 26 dan 27 mengenai tugas dan tanggung jawab Panitia Sertifikasi Guru (PSG) disebutkan bahwa Tugas LPMP di antaranya adalah menetapkan besaran kuota kabupaten/kota dan melakukan verifikasi data. Adapun kewenangan menyusun daftar nama guru adalah menjadi tugas PSG Dinas Pendidikan kabupaten/kota. Penetapan prioritas peserta dilaksanakan berdasarkan Buku 1 sesuai urutan: Masa kerja, usia, pangkat/golongan, beban kerja, tugas tambahan dan prestasi kerja.

Atas dasar tersebut kami jelaskan, LPMP Jawa Tengah dan Dinas Pendidikan kabupaten/kota bekerja berdasarkan peraturan tertulis yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan Nasional. LPMP Jawa Tengah tidak berwenang menunjuk nama peserta sertifikasi. Peserta sertifikasi guru ditentukan oleh Dinas Pendidikan kab/kota, berdasarkan peraturan yang tercantum pada Buku

1.
LPMP Jateng tidak berwenang menentukan siapa yang lolos sertifikasi dan siapa yang tidak lolos. LPMP hanya verifikasi data, selanjutnya yang menentukan adalah tim asesor dari LPTK di rayon masing-masing. Ijazah S1 yang saudara maksud hanyalah salah satu syarat (kualifikasi) untuk bisa ikut sertifikasi, masih ada syarat lain yang harus dipenuhi.

Tentang berbagai dokumen palsu dan seminar palsu yang saudara sampaikan dalam surat tersebut sebaiknya saudara laporkan ke kepolisian karena LPMP tidak punya kewenangan melakukan penyelidikan dan penyidikan dokumen palsu. Hal itu bukan Tupoksi LPMP.

Atas dasar fakta dan aturan pemerintah seperti terurai, maka sangat tidak tepat jika saudara merasa kecewa dan menyalahkan LPMP atas kegagalan saudara dalam sertifikasi. Alangkah bijaksana sebagai guru sebaiknya saudara pelajari semua peraturan itu sebelum menuduh dan menyalahkan pihak lain.

LPMP Jawa Tengah
Jl Kyai Maja, Srondol Kulon
Banyumanik, Semarang 50263
Telp 024-7474192
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER