panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
15 April 2011
Bebas Bersyarat Langsung Pulang
image

JAKARTA - Terpidana mafia hukum Sjahril Djohan telah bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (14/4). "Tadi pagi (kemarin-Red) sudah bebas bersyarat," kata Kalapas Cipinang, Wayan Soekerta, Kamis (14/4).

Dia menjelaskan, Sjahril dibebaskan karena telah memenuhi syarat administrasi. Syarat tersebut di antaranya telah menjalani 2/3 masa hukumannya. Dia divonis majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hukuman 1,5 tahun penjara.

Sjahril harus menjalani wajib lapor sekali dalam sepekan sampai masa tahanannya habis. "Wajib lapornya ke balai pemasyarakatan Jakarta Selatan," tambahnya.

Kepala Pengamanan Lapas Cipinang, Tonny Nainggolan menambahkan, Sjahril Djohan keluar lapas pukul 05.00, dan langsung pulang ke rumahnya. "Surat keputusan perihal pembebasannya sudah keluar jauh hari sebelumnya. Dalam surat itu disebutkan, dia bisa mendapatkan pembebasan bersyarat pada 14 April 2011," kata Tony.
Sebagaimana diketahui, Sjahril merupakan makelar kasus di Bareskrim Polri. Dia menjadi makelar dalam kasus Gayus Halomoan P Tambunan dan kasus PT Salmah Arowana Lestari, Riau, Pekan Baru, yang melibatkan Komjen Susno Duadji. Pada 24 Maret lalu, Majelis Hakim PN Jaksel menjatuhkan vonis 3 tahun 6 bulan penjara terhadap Susno Duadji, serta denda Rp 200 juta. Atas vonis tesebut jaksa mengajukan banding.

Sementara itu, Kementrian Hukum dan HAM menilai pembebasan Sjahril Djohan sudah sesuai prosedur. "Menurut perhitungan dari LP Cipinang, dia sudah memenuhi 2/3 masa pidana," kata Kabiro Humas Ditjen Permasyarakatan Kemenkum dan HAM, Akbar Hadi Prabowo, kemarin.
Menurut Akbar, selama di tahanan, Sjahril selalu bersikap sopan dan tidak pernah melakukan pelanggaran. Hal tersebut juga menjadi pertimbangan untuk memberikan bebas bersyarat kepadanya. (K24-25,35)

 


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER