panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
13 April 2011
Renovasi Benteng Willem II Libatkan BP3 Jateng
UNGARAN - Renovasi bangunan peninggalan sejarah, Benteng Willem II di Ungaran Kabupaten Semarang akan melibatkan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng. Pasalnya, dalam konteks renovasi bangunan cagar budaya itu, BP3 dinilai sebagai ahlinya.

Kepala Disporabudpar Kabupaten Semarang, Agus Purwoko Djati mengatakan, renovasi benteng harus melibatkan BP3. Itu karena bangunan peninggalan kolonial Belanda ini dimungkinkan terdapat beberapa hal perlu diperhatikan lebih jeli dan mendetail, semisal prasasti tersembunyi.

”Untuk mengetahui jejak-jejak sejarah itu perlu keterlibatan BP3. Jika hanya masyarakat, saya kira belum tentu tahu soal itu,” ungkapnya, kemarin.

Sebagaimana diberitakan, Selasa (12/4) benteng di sisi timur Jalan raya Semarang-Solo, wilayah Kota Ungaran itu mulai direnovasi. Ke depan, fungsi Benteng Willem diproyeksikan sebagai pusat penelitian sejarah, museum, ruang pamer, seminar, kegiatan kesenian, dan perpustakaan sejarah.

Rencana yang dijalankan kepolisian itu, mendapat sambutan positif Pemkab Semarang dan masyarakat setempat. Termasuk para pegiat seni budaya. Hanya, para pegiat seni budaya juga kembali mengingatkan agar renovasi tidak meninggalkan bentuk asli guna mempertahankan nilai sejarahnya. Sementara, hingga kemarin, sejumlah pekerja sibuk melanjutkan tahap awal renovasi benteng tersebut.

Harmonisasi

Agus menegaskan, renovasi benteng itu tetap menyesuaikan harmonisasi situasi dulu saat bangunan eksis pada masa Belanda. Acuan terkait hal itu telah disampaikan Pemkab kepada kepolisian dalam bentuk Detail Engneering Design (DED) beberapa waktu lalu.

Kapolres Semarang AKBP Hariyanta dikonfirmasi hal itu menyatakan, renovasi Benteng Willem akan melibatkan BP3. Namun pihaknya mengaku baru merencanakan rapat bersama BP3 dalam waktu dekat.

Ditambahkan, renovasi benteng harus menyesuaikan konsep BP3. Pasalnya, jika hasilnya tidak sesuai maka pengorbanan termasuk pendanaannya bisa percuma. Selain dengan BP3, pembahasan renovasi benteng itu juga akan melibatkan Pemkab dan pemerhati budaya di Kabupaten Semarang. (K33-52)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER