panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
11 April 2011
Tim BANPT Kunjungi Unisfat
DEMAK- Tim Asesor  Badan Akreditasi Nasional  Perguruan Tinggi (BANPT)  melaksanakan penilaian terhadap sejumlah  program studi (prodi) Universitas Sultan Fatah (Unisfat) Demak selama beberapa hari ini. Tim terdiri atas  Profesor Doktor Bambang Suryawan (guru besar UI), Profesor Doktor I Made Londen Batan (guru besar ITS),  Profesor Doktor Drs Achmad Fauzi Dh MA (guru besar Unibraw) serta Doktor AY Agung Nugroho (Dosen  Atmajaya Jakarta).  Tim Asesor (penilai) itu  merupakan lembaga independen yang melibatkan guru besar dan akedemisi senior dari seluruh PT di Indonesia.  

Menurut Profesor Achmad Fauzi penilaian tim penting untuk memberikan akreditasi kepada Unisfat  sesuai ketentuan  Permendiknas Nomor 28/ 2005  yang mengatur peringkat A, B, atau C untuk PT.  ‘’Ada tiga katagori akreditasi A, B, dan C , yang akan diberikan pada PTN maupun PTS sesuai Permendiknas itu. Katagori  tersebut  diberikan salah satunya berdasarkan penilaian dari kami yang mengunjungi kampus- kampus,’’ jelasnya kemarin. 

Penilaian akreditasi  setidaknya mencakup tujuh komponen mulai  visi misi, kepemimpinan, alumni, SDM, kurikulum, sarana prasarana, hingga kegiatan penelitian di masing-masing kampus. Melalui komponen itu akan bisa dilihat sejauhmana mutu pendidikan PT.  Kemendiknas, ujarnya, tidak menginginkan mutu pendidikan PT berdaya saing rendah, apalagi sampai menipu mahasiswa yang menuntut ilmu.

Disebutkan, kini banyak bermunculan PT dengan beragam latar belakang pendidikan, namun mutunya abal-abal atau membohongi mahasiswa. Mereka bahkan menawarkan cara-cara instan bagi mahasiswanya untuk meraih gelar.  Di beberapa kasus misalnya PT semacam itu berani memberikan gelar pascasarjana (master) hanya dengan waktu perkuliahan dua semester. 

Tertib Administrasi

Lantaran kasus seperti itu  banyak perusahaan yang kemudian menanyakan akreditasi sebelum menerima alumni PT.  Celakanya,  pihak perusahaan  akan  menolak apabila alumni tak bisa menunjukkan akreditasi  gelar kesarjanaan.   Akreditasi,  menjadi  antisipasi  dari kemungkinan  kasus jual beli gelar kesarjanaan dari  oknum PT tak bertanggung jawab.  

Doktor Agung Nugroho  menambahkan kunjungan atau visitasi itu termasuk untuk pembinaan tertib administrasi kampus.  Tertib administrasi penting karena bagian meningkatkan kualitas mutu pendidikan kampus. Rektor Unisfat Camadi menyatakan  keinginan mendapat akreditasi dari BAN PT bagian dari tanggung jawab universitas terhadap civitas akademika, alumni maupun  masyarakat.  Setidaknya seluruh prodi yang diselenggarakan Unisfat sudah harus terakreditasi sebelum tahun 2012.

Prodi yang sudah mendapat akreditasi yakni Pendidikan Agama Islam (PAI)  dan Administrasi Negara (ANE).  Selebihnya untuk bulan April  prodi Teknik Mesin, Administrasi Niaga dan Ilmu Komunikasi diusulkan mendapat akreditasi.  (H41-14)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER