panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekonomi & Bisnis
05 November 2010
PTSP Sragen Terbaik Se-Indonesia
JAKARTA- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengumumkan penganugerahan penghargaan kepada penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di bidang penanaman modal terbaik se-Indonesia.

 Penganugerahan di tingkat kabupaten diraih Sragen, Jawa Tengah. Sementara di tingkat Provinsi di raih Jawa Timur dan Kota Cimahi, Jawa Barat di tingkat Kota.

Tim Penilai PTSP menetapkan tiga daerah tersebut dari masing-masing 10 nominasi di setiap tingkat.

Ketiga daerah itu ditetapkan sebagai pemenang setelah melalui proses penilaian dan verifikasi oleh tim yang beranggotakan BKPM, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Sekretariat Wakil Presiden, Kemenko Perekonomian, dan Kementerian Dalam Negeri.

Kepala BKPM Gita Wirjawan menjelaskan, Keberadaan PTSP ini didasari Inpres Nomor 1 tahun 2010. Kemudian tim penilai menindaklanjuti dengan melakukan kualifikasi terhadap 130 provinsi, kota, dan kabupaten.

‘’Ini melibatkan banyak pemangku kepentingdig sudah banyak daerah yang sudah dengan semangat melakukan layanan satu pintu, dalam konteks pendelegasian pelayanan. Namun, masih ada beberapa daerah yang masih berfungsi sebagai kantor pos. Di mana pendelegasian kewenangan belum terealisasi,’’ cetus Gita dalam acara Penganugerahan Penghargaan Atas Penyelenggaraan PTSP Bidang Penanaman Modal Provinsi/Kabupaten/ Kota Terbaik Tahun 2010 di Jakarta, Kamis (4/11).

Namun, Gita optimis adanya kenaikan penanaman modal di seluruh daerah Indonesia secara merata. Bahkan, wilayah penanaman modal yang dulu 80% terpusat di Pulau Jawa, kini sudah mulai merata ke seluruh daerah.

Bangga Terpilih

Sementara itu, Bupati Sragen Untung Wiyono mengaku bangga atas terpilihnya Sragen dalam penganugerahan tersebut untuk kesekian kalinya. Bahkan, beberapa kabupaten, kota ,dan provinsi ada yang mempelajari pola PTSP dari Kabupaten Sragen. ‘’Penganugerahan ini sangat bagus untuk motivasi, kontrol dan konsistensi kita di bidang pelayanan publik,’’ ujarnya.

Ke depan, lanjutnya, PTSP harus terus berkembang. Sehingga nantinya, penilaian PSTP juga tidak hanya dari pelayanan dan kepuasan publik semata.

Daerah penyelenggara PTSP tersebut dibagi atas tiga kelompok, yakni kelompok kota, kabupaten, dan provinsi. Daerah yang masuk dalam nominasi kota dengan penyelenggara PTSP terbaik di antaranya adalah, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Bandung-Jabar, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Palembang-Sumsel, Dinas Perizinan Denpasar-Bali, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Belitung, dan Dinas Perizinan Yogyakarta.  (J10-77)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER