panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
06 September 2010
Suara Guru
Pembelajaran Zakat di Sekolah
  • Oleh Ismilah Ardianingrum
MOMENTUM Ramadan diakhiri dengan ritual khusus pembersihan diri berupa zakat fitrah. Tidak hanya itu, zakat mal pun menjadi bagian yang kerap dilakukan, mengingat beramal di bulan Ramadan memiliki nilai lebih baik, meski di bulan lainnya pun bernilai baik.

Sebagai rukun Islam keempat, zakat mengajarkan untuk bersikap peduli pada sesama manusia yang membutuhkan. Pendidikan zakat akan melahirkan generasi yang saling memahami antarsesama manusia, tolong-menolong, dan menciptakan kekuatan persaudaraan (ukhuwah) yang kokoh.
Institusi pendidikan seperti sekolah tak luput untuk berkiprah menjadi panitia (amil) zakat fitrah. Yakni, berupa beras seberat 2,5 kg.

Peserta didik yang terbilang mampu dianjurkan untuk berzakat di sekolah, hal ini sebagai bentuk pembelajaran zakat bagi mereka. Sementara untuk pembagian zakat diberikan kepada peserta didik dan masyarakat di sekitar sekolah yang tidak mampu.

Mudah Memahami

Melalui pembelajaran secara langsung ini, tentu memiliki harapan antara lain, pertama agar peserta didik mudah memahami pengertian zakat dan mekanisme pelaksanaannya secara konkret, sehingga pengertian zakat yang diperoleh tidak sekadar teori, tapi juga telah menyentuh ranah aplikasi. 

Kedua, peserta didik memahami makna bahwa manusia adalah makhluk sosial, dengan esensi kehidupan adalah kontribusi terhadap sesama, yakni dalam bentuk saling tolong- menolong. Ketiga, menumbuhkan sikap kepedulian sosial yang tinggi, sehingga mengurangi angka kemiskinan bahkan kesenjangan sosial di masyarakat.

Pembelajaran zakat di sekolah sangat penting, karena memberikan pemahaman secara nyata kepada peserta didik. Sekolah sebagai institusi pendidikan tentu lebih menekankan makna dan manfaat dari pembelajaran berzakat. Sebab, pada dasarnya zakat memberi kontribusi penting bagi kesejahteraan manusia.

-- Ismilah Ardianingrum, staf pengajar MIN Muktisari Kebumen
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER