panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekonomi & Bisnis
03 Agustus 2010
Izin 16 Perusahaan Multifinance Dicabut
JAKARTA-Sepanjang 2009, pemerintah mencabut izin 16 perusahaan multifinance, sehingga izin multifinance menjadi 198 perusahaan, turun dibanding tahun 2004 sebanyak 237 perusahaan. Ketatnya regulasi diprediksi akan menciutkan jumlah perusahaan pembiayaan, dan di sisi lain akan memacu jumlah pemain yang aktif melakukan pembiayaan dan disiplin memberikan laporan. Dari 198 perusahaan pembiayaan tahun lalu, ada 152 perusahaan yang mengeluarkan laporan keuangan publikasi.

Hasil kajian kinerja keuangan perusahaan pembiayaan Biro Riset InfoBank terhadap industri multifinance di Indonesia selama 2009 dalam ‘’Rating 148 Multifinance versi InfoBank 2010’’ memperkirakan kinerja industri multifinance diperkirakan akan lebih baik. ‘’Hanya pada akhir tahun 2010 multifinance akan menghadapi tantangan kenaikan suku bunga dan daya beli akibat inflasi,’’ ujar kepala Biro Riset InfoBank Eko B Supriyanto di Jakarta, Senin (2/8) kemarin.

Hasil riset terhadap 148 perusahaan pembiayaan yang menegluarkan laporan keuangan menunjukkan terdapat 75 multifinance mendapat predikat ‘’sangat bagus’’, 43 multifinance ‘’bagus’’, 18 multifinance ‘’cukup bagus’’, dan 12 multifinance ‘’tidak bagus’’. Sedangkan 12 multifinance, walaupun menerbitkan laporan keuangannya, tapi tidak ikut di-rating. 

Lima besar perusahaan pembiayaan beraset Rp1 triliun ke atas dengan predikat ‘’Sangat Bagusî, yaitu, BCA Finance, Clipan Finance Indonesia, Msummit Oto Finance; Adira Finance dan  Bumiputera Finance. Sedangkan lima perusahaan pembiayaan beraset Rp100 miliar dan di bawah Rp1 triliun berpredikat ìSangat Baikî, yaitu,  AB Sinar mas Multifinance, Kembang Delapan-Delapan Multi Finance,  Batavia Prosperindo Finance;  Smart Multi Finance; dan  National Finance.

 Perusahaan multifinance beraset di bawah Rp100 miliar dan berperdikat ìSangat Bagus yaitu Tempo Utama Finance, Danareksa Finance, Satya Adhika Bhakti Multifinance,  Pratama Sedaya Finance; dan  Garishindo Buana Finance.(bn-44)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER