panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
30 Juli 2010
Lima PTS Berubah PTN
TEGAL-Lima perguruan tinggi swasta (PTS) di Tanah Air dipastikan berubah statusnya menjadi perguruan tinggi negeri (PTN), dalam tahun ini. Kelimanya banyak berlokasi di luar Pulau Jawa, karena demi pemerataan pendidikan dan peningkatan SDM.

Informasi itu disampaikan langsung Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti, Hendarman, saat melakukan verifikasi di Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, berkait pengajuan status PTS terbesar di pantura barat tersebut yang ingin berubah status menjadi PTN.

Tim Verifikasi Ditjen Dikti didampingi Kasi Kelembagaan Bambang Sarengat dan dua stafnya Bachtiar dan Bimo. Koordinator Kopertis Wilayah IV Prof Drs Mustafid MEng PhD, juga turut mendampingi tim tersebut. Tiba di kampus pusat perguruan tinggi itu sekitar pukul 15.30, Tim disambut Rektor Prof Dr H Tri Jaka Kartana MSi, wakil rektor, seluruh dekan, Wakil Ketua I Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Soegito SH dan pengawas yayasan, serta Wali Kota Tegal H Ikmal Jaya SE Ak.

‘’Pertimbangan persetujuan lima PTS ini menjadi PTN sudah melalui pembahasan penting dan beberapa kali verifikasi,’’ terang Hendarman, saat memberi penjelasan kepada sivitas perguruan tinggi itu dan Wali Kota Tegal.

Berubah Status

Menurut Hendarman, kelima PTS yang bakal berubah status tahun ini adalah di Merauke, Kalimantan, dua di Bangka Belitung (Universitas dan Politeknik), dan satu politeknik di Batam.

Sejak 2004 hingga sekarang, kata dia, sudah ada 15 PTS yang mengajukan perubahan status menjadi PTN. Termasuk UPS Tegal yang mengajukan sejak 2006 lalu. Persyaratan baku, tidak bisa ditawar-tawar lagi adalah soal lokasi yang harus seluas 30 ha. Lokasi seluas itu tidak berupa tanah kosong, tetapi harus ada bangunan induk perguruan tingginya. Kurang dari itu maka perubahan status tak bisa disetujui Mendiknas.

Rektor UPS Tegal Prof Dr H Tri Jaka Kartana MSi mengatakan, dari sisi SDM, jumlah mahasiswa sesuai dengan persyaratan perubahan status seperti yang disarankan Ditjen Dikti. Soal lokasi, sudah ada kesepakatan dengan Pemkot Tegal untuk siap membantu kekurangan lokasinya.

Wali Kota Tegal H Ikmal Jaya SE Ak didampingi Asisten I Drs Yuswo Waluyo dan Kabag Pemerintahan Hertoto mengatakan, soal lokasi untuk mendukung proses penegerian UPS Tegal, pihaknya siap membantu. ‘’Kami selalu berkoordinasi agar penegerian ini segera dapat terwujud,’’ terang dia.(D12-75)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER