panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ragam
16 Juli 2010
Tips Pemeliharaan Kelomang
JIKA Anda memang benar-benar berminat memelihara kelomang, tentunya harus tahu tips-tips unik yang diperlukan saat memeliharanya.

Persiapan pertama untuk  kelomang bisa jadi lebih dariapa yang  anda perkirakan sebelumnya. Berita baiknya adalah tidak akan ada biaya besar seperti biaya untuk dokter hewan, untuk makanan atau obat yang mahal.

Biaya utamanya adalah rumahnya, pemanas, alas, pengukur, tempat minum, kolam dan tempat makanan, dekorasi, background dan barang lainnya seperti seashell, spong laut, sumber kalsium atau sejenisnya.

Jika tidak dapat memenuhi kebutuhan dari kelomang ini, maka sebaiknya anda menunggu sampai dapat memenuhinya. Lebih baik, memiliki tempat yang telah siap dipakai daripada panik di menit-menit terakhir pada waktu moulting (ganti kulit) atau moutling pertama.

Umumnya semua hewan peliharaan memiliki biaya pertama, untuk dapat membuat hidup mereka nyaman dan memiliki rumah dan lingkungan yang menyenangkan.

Kesalahan

Berikut adalah kesalahan-kesalahan para pemula saat pertama kali memelihara kelomang, jadi jika anda memang yakin mampu untuk memlihara kelomang, ada baiknya anda menghindari hal-hal dibawah ini.

Misalnya saja, dan juga merupakan kesalahan sepele adalah tidak menyediakan air dalam terarium. Kelomang juga makhluk hidup seperti manusia, yang perlu minum. Air juga digunakan sebagai pelembab insang dan abdomennya.

Dan, jangan sampai anda tidak melengkapi terarium dengan substrate atau media untuk mengubur diri. Substrate bisa berupa pasir putih, pasir hitam, atau koral yang dihancurkan atau dihaluskan.

Kemudian, jangan sampai membiarkan bagian dasar terarium basah atau becek. Kelomang memang menyukai kelembaban, tetapi bukan berarti bahwa air harus menggenangi seluruh dasar terarium.

Lebih parah lagi, jika si pemelihara membiarkan kotoran kelomang terakumulasi dan larut dalam air yang menggenangi bagian dasar terarium tersebut.

Kelomang tidak dapat membedakan mana air yang kotor atau air yang layak digunakan untuk minum atau membersihkan insangnya. Dengan demikian, terarium yang bagian dasarnya senantiasa “becek” akan mempercepat kematian kelomang akibat keracunan kotorannya sendiri atau akibat bakteri.

Terisolasi

Lalu, karena malas, biasanya pemelihara tidak menjaga kebersihan terarium. Pasir atau substrate perlu diganti sekitar 2 bulan sekali, untuk mencegah terakumulasinya kotoran dan sisa makanan. Singkirkan cebisan makanan yang tercecer dan kotoran kelomang yang dapat terlihat oleh mata kita.

Dan, jangan sampai tidak memberikan cangkang ekstra, tetapi ketika memberikan cangkang ekstra jangan pula memberikan cangkang yang ukuran rongga atau aperture-nya terlalu sempit bagi abdomen kelomang, atau cangkang yang terlalu besar/berat.

Selain itu, jangan sampai menyemprotkan insektisida atau pewangi ruangan terlalu dekat dengan terarium. Senantiasa jagalah kebersihan terarium agar tidak mengundang serangga lain sebagai “penduduk gelap”.

Ada baiknya memberikan wahana untuk memanjat atau memberikan dekorasi memanjat. Pemberian wahana untuk memanjat sedikit-banyak akan mengurangi konflik antarkelomang karena mengurangi frekuensi kelomang-kelomang dalam terarium bertemu muka sehingga dapat mengakibatkan “berebut wilayah”.

Yang terakhir, janganlah meletakkan terarium di bawah sinar matahari secara langsung atau memberikan lampu pemanas. Terarium memang perlu dijemur secara berkala, tetapi pindahkan semua penghuninya terlebih dahulu. Bagaimanapun, tempat pemeliharaan kelomang haruslah terisolasi dari hewan peliharaan kita yang lain.

Terarium tidaklah harus berupa kotak kaca yang mudah dipindahkan - bisa juga berupa kolam yang berada di kebun kita dengan pasir dan dekorasinya, tetapi haruslah dikondisikan sedemikian rupa sehingga kelomang tidak memiliki kesempatan untuk melarikan diri, juga pastikanlah bahwa tidak ada akses bagi hewan peliharaan lain untuk memangsa atau sekadar memindahkan kelomang ke luar terarium. Mudah bukan? Selamat mencobaa. (Dela SY, dari berbagai sumber-12)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER