panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
13 Juli 2010
Ratusan Advokat Geruduk PT Minta Disumpah
SEMARANG - Ratusan advokat dan calon advokat dari Konggres Advokat Indonesia (KAI) versi Plt Presiden Eggy Sudjana menggeruduk Pengadilan Tinggi (PT) Jateng, Senin (12/7). Mereka mendesak Ketua PT menyumpah 120 calon advokat yang baru saja dilantik KAI di Gedung Rimba Graha.

Para calon advokat menuju ke PT Jateng dengan long march dari Gedung Rimba Graha. Selembar spanduk diusung bertuliskan “Kami Menuntut Sumpah Advokat Oleh Pengadilan Tinggi”. Plt Presiden DPP KAI, Eggy Sudjana yang memimpin aksi mengatakan, penyumpahan oleh PT adalah keharusan sesuai amanat Undang-undang No 18 Tahun 2003 tentang Advokat khususnya Pasal 4 Ayat 1. Karena itu, tidak ada suatu alasan Ketua PT Jateng menolaknya. “Kalau menolak berarti Ketua PT telah melakukan pelanggaran HAM berat, karena jika tidak disumpah para advokat ini tidak akan bisa beracara dan tidak dapat menafkahi keluarganya,” kata Eggy.

Sesampai di PT, mereka langsung berteriak-teriak meminta Ketua PT keluar. Namun yang dicari tak ada. Mereka hanya ditemui Humas PT Jateng Soedarmadji. Kepada ratusan advokat, Soedarmadji mengatakan bahwa Ketua PT sedang di Jakarta. Tentu saja ketika didaulat untuk menggantikan Ka-PT menyumpah, Soedarmadji menolak.

Selain mengaku tak berwenang, ia juga beralasan Mahkamah Agung (MA) telah mengirim surat edaran. Isinya, penyumpahan advokat oleh PT hanya bisa dilakukan melalui organisasi advokat Persatuan Advokat Indonesia (Peradi). “Pelantikan hanya bisa melalui pintu Peradi,” tegas Soedarmadji.

Karuan, hal itu memancing emosi ratusan advokat. Mereka mendesak jika tak mau melantik, Soedarmadji harus menandatangani berita acara penolakan penyumpahan. Namun itu pun ditolak. “Itu bukan proporsi saya,” kata Soedarmadji.

Kericuhan

Sempat terjadi sedikit kericuhan saat Soedarmadji mau meninggalkan tempat ditahan para advokat.
Akhirnya dicapai kesepakatan melakukan pertemuan terbatas antara perwakilan advokat dan PT. Para advokat yang berunding dengan Soedarmadji diwakili pengurus DPP KAI Korwil Jateng-DIY Rangkey Margana, Wasekjen DPP KAI Nicholas Redy, Ketua Panitia Pelantikan Agus Ervianto, Ketua DPD KAI Semarang Raya Tri Nurtaufan, dan Ketua DPD KAI Solo Raya Heru S Notonegoro.

Disepakati bahwa DPD KAI akan dipertemukan dengan Ketua PT Jateng. Pertemuan akan dilaksanakan pada minggu depan untuk mencari solusi bersama atas persoalan itu. Meski demikian Rangkey Margana mengatakan akan menggugat PT ke PTUN. Hal ini karena PT dinilai telah melanggar UU Advokat.

“Dalam UU disebutkan bahwa advokat berhak disumpah oleh pengadilan tinggi, tapi kenapa PT tidak mau melakukannya. Selain ke PTUN, kami juga akan melapor ke Komnas HAM dan Ombudsman,” tegas Rangkey.
Ketua DPD KAI Jateng versi Presiden Indra Sahnun Lubis, John Richard Latuihamallo menyayangkan aksi tersebut.

Menurutnya, advokat tidak perlu “meminta-minta” di sumpah oleh PT. “Itu tidak perlu. Mereka sudah tahu tidak akan disumpah PT tetapi mengapa tetap memaksa ke sana,” katanya. Dijelaskannya, PT memang tidak akan melakukan penyumpahan advokat sebelum ada penyatuan wadah tunggal advokat melalui Munas Advokat 2012.   (ton-52)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER