panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
14 Mei 2010
1.500 Pencatat Meter Geruduk PLN
GAJAHMUNGKUR-Sekitar 1.500 pencatat meter (cater) menggeruduk PT PLN Distribusi Jawa Tengah-DIY, Jatingaleh, Rabu (12/5), untuk memperjuangkan nasib mereka. Aksi unjuk rasa itu dilakukan menjelang berakhirnya masa kontrak mereka, Sabtu (15/5) besok.

Para pencatat meter itu berasal dari sejumlah kota di Jateng-DIY, seperti Cilacap, Purwokerto, Tegal, Banyumas, Wonosobo, Solo, Semarang dan Yogyakarta. Mereka menuntut penghapusan sistem outsourcing karena standar penggajiannya dinilai tidak memihak mereka.

Perwakilan pengunjuk rasa yang diwakili Epi Priyadi (ketua aksi), Saras (ketua Cater Jateng-DIY), Bambang Sriyantoro (dari DPD Serikat Pekerja) berdialog dengan Haris Effendi (manajer Bidang Komunikasi Hukum dan Administrasi PT PLN Distribusi Jateng-DIY).

Hasilnya, PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY memutuskan akan memberikan upah bagi karyawan pencatat meteran (cater) dari berbagai kota di Jateng-DIY sesuai dengan UMK kabupaten/kota. Pihak PLN juga akan memutus kerja sama dengan rekan kerja yang dinilai curang dan tidak bisa kooperatif dan mencari mitra kerja yang baru. Selain itu Jamsostek para cater menjadi tanggung jawab PLN.

Demo di depan kantor PLN tersebut sempat memacetkan jalan utama Semarang-Solo selama tiga jam mendapat pengamanan ketat dari puluhan anggota Mapolwiltabes dan Mapolresta Semarang Selatan. Demo berlangsung damai.

Manajer Bidang Komunikasi Hukum dan Administrasi PT PLN Distribusi Jateng-DIY Haris Effendi mengatakan,  setelah masa kontrak petugas cater PLN habis harus segera dilakukan lelang ulang terkait pihak pengelola baca meter selanjutnya dan diperkirakan membutuhkan waktu dua sampai tiga bulan.
”Selama proses lelang, para cater akan tetap dipekerjakan dengan gaji seperti sebelumnya,” kata dia. (H36,H54-87)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER