panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
13 Januari 2010
10% Pendaftar Unnes Pilih Jalur Beasiswa
SEMARANG-Lebih dari 10% pendaftar Seleksi Penerimaaan Mahasiswa Unnnes (SPMU) memilih jalur beasiswa. Data tersebut didapat berdasarkan rekapitulasi hari kesembilan masa pendaftaran.

”Hingga Selasa (12/1) pukul 15.30, ada 8.215 pendaftar pada pilihan pertama dan 7.741 pada pilihan kedua di jalur reguler.

Adapun yang mengambil jalur beasiswa Bidik Misi  sebanyak 1.004 orang pada kelompok pilihan pertama dan 953 pada pilihan kedua. Jadi, lebih dari 10% memilih jalur beasiswa,” ungkap Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes Semarang Dr Masrukhi MPd.

Menurut dia, animo peserta memilih jalur beasiswa tak lepas dari kuota dan besaran beasiswa yang diberikan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Unnes akan menyalurkan 400 beasiswa Bidik Misi 2010 untuk mahasiswa baru. Tiga ratus di antaranya akan diperebutkan di jalur SPMU.

Rekapitulasi

”Dalam ukuran normal, beasiswa untuk program sarjana ini akan mencakup seluruh kebutuhan mahasiswa selama kuliah, baik biaya kuliah maupun kebutuhan hidup. Rp 5 juta per semester selama delapan semester untuk mahasiswa program S-1 tentunya relatif mencukupi kebutuhan selama kuliah,” ujarnya.

Meskipun demikian, lanjut Masrukhi, persentase tersebut akan berubah setiap saat. Pendaftarannya sendiri masih akan berlangsung hingga 31 Januari. Ini berarti masih ada 21 hari lagi.

”Dengan sistem sepenuhnya online, diperkirakan para pendaftar akan selalu mengintip peluang mereka melalui rekapitulasi yang selalu ditayangkan di situs www.spmu.unnes.ac.id,” katanya.
Dia juga berjanji akan mengupayakan pertambahan kuota beasiswa bagi mahasiswa Unnes.

Untuk itu, pihaknya akan menggandeng berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta. Melalui kerja sama yang ada, diharapkan kucuran dana untuk beasiswa akan makin bertambah.

”Selain itu, secara internal Unnes akan melanjutkan program pemberian beasiswa yang selama ini telah berjalan,” imbuh dia.

Semenjak Jumat (8/1) lalu, di beberapa titik di kampus Unnes juga terpasang layar monitor dalam ukuran besar. Layar tersebut menampilkan data dan fakta SPMU 2010 yang meliputi jumlah peminat, pendaftar, baik lewat jalur reguler aupun beasiswa, total pengunjung, juga jumlah pendaftar dari tiga wilayah Semarang, Tegal, dan Pati. (H31-45)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER