panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
07 Desember 2009
Dana Pendamping BOS Dialihkan
  • Prioritaskan Siswa Miskin
SEMARANG - Dana pendampingan bantuan operasional sekolah (BOS) untuk sekolah swasta yang selama ini diterima, akan segera dialihkan ke sekolah swasta yang mau menerima siswa miskin.

 Pengalihan dana pendampingan BOS dilakukan karena banyak sekolah swasta yang tergolong mampu sudah menerima BOS dan dana pendamping BOS, namun tidak menurunkan biaya sistem pelaksanaan pendidikan (SPP).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Akhmat Zaenuri mengatakan, pengalihan dana pendampingan BOS hanya ditujukan untuk sekolah swasta dari tingkat SD hingga SMP yang tidak tersentuh pendidikan gratis seperti yang terjadi di SD dan SMP negeri.

Biasanya siswa miskin juga cenderung memilih sekolah-sekolah swasta yang berada di pinggiran, mengingat biaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar dibandingkan dengan sekolah swasta favorit. Jika seperti itu, maka siswa miskin yang bersekolah di sekolah swasta pasti akan kesulitan mengakses pendidikan dan memilih sekolah swasta yang lebih terjangkau dan tidak terlalu favorit.

“Padahal, besaran dana pendampingan BOS yang diterima setiap sekolah sama, sehingga kami akan mengalihkan untuk membantu pembiayaan di sekolah-sekolah swasta yang kondisi keuangannya tidak kuat,” katanya.

Tahun Depan

Meski masih wacana, Dinas Pendidikan telah membicarakan dengan para stakeholder (pemangku kepentingan). Pihaknya juga telah menyampaikan rencana tersebut kepada sekolah-sekolah swasta. “Mereka sepertinya tidak keberatan. Kalau disetujui, pengalihan dana pendampingan BOS ini akan diterapkan tahun depan,” ujarnya.

Kepala Bidang Monitoring dan Pengembangan Nana Storada menambahkan, tahun ini besaran dana pendampingan BOS untuk sekolah swasta Rp 22 miliar. Sementara besaran dana BOS Rp 92 miliar. Pihaknya tidak akan mengalihkan seluruh dana pendampingan yang diterima setiap siswa, namun hanya mengalihkan sebagian.

Dana pendampingan BOS untuk sekolah swasta, yakni bantuan penyelenggaraan pendidikan (BPP) yang diterima siswa SD sebesar Rp 13.000/siswa/bulan. Sedangkan siswa SMP Rp 33.500/siswa/bulan.
Rencananya pengalihan dana untuk tingkat SD hanya Rp 2.500 - Rp 4.000, sedangkan SMP Rp 4.000 - Rp 7.500 dari seluruh besaran dana pendampingan yang dialokasikan kepada setiap siswa.

“Setiap siswa miskin di sekolah swasta nantinya tidak hanya menerima tambahan sebesar itu. Sebab, jumlah siswa miskin yang menerima lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah siswa yang dana pendampingan BOS-nya dialihkan atau dipotong,” katanya. (J8-37)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER