panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
05 November 2009
Suara Guru
Guru dan CPNS
  • Oleh Eni Setyowati
BELAKANGAN ini beberapa guru tak masuk. Ketika saya piket, seorang guru meminta izin tak masuk melalui SMS. ”Saya minta izin, Bu, hari ini akan melegalisasi ijazah sekalian membuat SKCK untuk syarat pendaftaran CPNS,” tulisnya.

Hari berikutnya guru lain meminta izin dengan alasan sama. Guru itu hendak memberikan tugas pada siswa yang ditinggalkan.

Lowongan CPNS untuk mengisi jabatan guru digelar bersamaan oleh pemerintah daerah di Jawa Tengah dan DIY. Durasi pendaftaran sekitar dua minggu.

Calon pendaftar yang belum mempersiapkan apa-apa harus memenuhi persyaratan selama dua minggu itu juga.

Akhirnya, siswa yang jadi korban.
Proses mencari informasi pendaftaran, mengurus persyaratan, hingga tes mereka jalani. Kurang-lebih butuh waktu seminggu untuk mengurus persyaratan.

Saat melegalisasi ijazah, para guru diharuskan berkunjung ke kampus tempat dulu kuliah. Selanjutnya, membuat SKCK, kartu pencari kerja, dan surat sehat dari dokter.

Akibatnya, siswa yang seharusnya mendapat pengajaran pun terbengkelai. Apalagi tak seorang-dua orang guru yang membolos mengajar untuk mendaftar CPNS.

Sebenarnya mudah meminimalisasi waktu untuk membolos saat berniat mendaftar CPNS.

Para guru meninggalkan jam pelajaran akibat terbentur batas waktu yang sangat pendek, sedangkan persyaratan belum ada.

Agar itu tak terjadi lagi, guru harus mempersiapkan sejak dini semua persyaratan. Satu per satu syarat dicicil sejak sebulan sebelum pembukaan pendaftaran.
Informasi pendaftaran saat ini mudah diakses.

Untuk mengetahui informasi CPNS sejak dini, guru harus aktif mencari tahu ke dinas terkait, internet, dan media cetak. Jadi guru mendapat dua keuntungan sekaligus: tak perlu meninggalkan jam pelajaran dan lebih siap menghadapi soal-soal tes kelak.

Beruntung bagi guru yang kelak diterima jadi PNS. Namun keberuntungan itu jadi bumerang bagi sekolah tempat mengabdi. Belum tentu guru itu ditugaskan di tempat mengabdi.

Sekolah akan kehilangan satu guru dan terpaksa mencari guru lagi.

Bagi guru yang tak diterima jadi PNS, kesibukan di sekolah telah menanti.

Usaha mendaftar CPNS masih ada tahun depan atau dengan sabar mengurus pemberkasan. Sejak dini harus sudah mempersiapkan segalanya. Jadi, siswa tak terbengkelai lagi ketika musim CPNS tiba. (53)

- Eni Setyowati, guru SMK Muhammadiyah Imogiri, Bantul, Yogyakarta
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER