panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Banyumas
28 Juni 2009
BKP Gelar Diversifikasi Pangan di SAE
TEMANGGUNG Diversifikasi (penganekaragaman) konsumsi pangan selama ini kurang mendapat perhatian. Padahal, bermanfaat untuk membangun kemandirian dan ketahanan pangan rumah tangga dengan pola makan nonberas, nonterigu.

Selain itu, bermanfaat untuk memopulerkan pangan berbahan baku sumber daya lokal dan tradisional yang selama ini semakin terpinggirkan. Selain itu, dapat dijadikan sebagai substitusi sekaligus menghemat penggunaan beras bagi masyarakat.

Misalnya, jika sehari makan nasi dua kali dan makan umbi-umbian sekali, dengan asumsi perorang dewasa butuh 0,075-0,1 kg beras/makan.  Maka, dari 35 juta penduduk Jateng dapat menghemat beras 0,96-1,28 juta ton/tahun. Jika dilakukan seminggu sekali, menghemat sekitar 136,5-182 ribu ton/tahun.

’’Pangan tidak harus beras. Bisa singkong, ubi jalar, talas, garut, ganyong, dan gembili,’’ kata Kepala BKP Jateng Ir Gayatri Indah Cahyani MSi didampingi Sekretaris Ir Agus Wariyanto SIP MM dan Kabid Distribusi Pangan Ir Sri Sularsih MM, di arena Soropadan Agro Expo (SAE) IV, Soropadan, Pringsurat, Temanggung, baru-baru ini.

Untuk itu, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Jateng menggelar Diversifikasi Konsumsi Pangan Masa Depan Menuju Kemandirian Pangan, di Kawasan Agrowisata dan Sub Terminal Agrobisnis (STA) Soropadan, Pringsurat, Temanggung. Ini sekaligus untuk menyukseskan Soropadan Agro Expo (SAE) 25-30 Juni.

Semua Elemen

Secara terpisah, Gubernur Jateng H Bibit Waluyo ketika mendampingi Menteri Pertanian Dr Ir Anton Apriantono MS, mengemukakan, upaya diversifiasi konsumsi pangan harus didukung semua elemen masyarakat.

Sebagai upaya meningkatkan cadangan pangan, ke depan Jateng tetap menjadi pilar penyangga pangan nasional melalui peningkatkan ketahanan dan kemandirian pangan.

Peningkatan diversifikasi konsumsi pangan dapat dilakukan sekaligus sebagai implementasi slogan ’’Bali Ndeso Mbangun Deso’’. ’’Sebab, kegiatan investasi dan kemitraan usaha, pendampingan, serta pengawasan teknologi pangan yang semakin produktif dan efisien, senantiasa harus dijalankan terus menerus,’’ kata Bibit Waluyo. (E4-36)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER