panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ragam
22 Mei 2009
Penyulingan Sederhana Minyak Pala
Indonesia merupakan negara terkaya dalam kepemilikan tanaman rempah-rempah. Komoditas ini pula yang menjadi sebab-musabab masuknya kaum penjajah di negeri ini. Mulai dari Portugis, Inggris, serta puncaknya adalah kedatangan Belanda yang menancapkan kongsi dagang bernama VOC pada tahun 1602.

BANYAK
tanaman rempah-rempah yang bisa diolah menjadi minyak atsiri dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Misalnya sereh, akar wangi, jahe, nilam, cengkeh, dan pala.

Sampai sekarang, pamor Indonesia sebagai sentra minyak atsiri dunia pun masih bertahan. Termasuk mi-nyak pala, yang kini menjadi incaran pasar dunia.

Minyak atsiri adalah senyawa yang mudah menguap, tidak larut dalam air, dan berasal dari tanaman. Minyak atsiri dapat dipisahkan dari jaringan tanaman melalui proses destilasi.

Pada proses ini, jaringan tanaman dipanasi dengan air atau uap air. Minyak atsiri akan menguap dari jaringan bersama uap air yang terbentuk, atau bersama-sama uap air yang dilewatkan pada bahan.

Campuran uap air dan minyak atsiri kemudian dikondensasikan pada suatu saluran yang suhunya relatif rendah. Hasil kondensasi ini berupa campuran air dan minyak atsiri yang mudah dipisahkan, karena kedua bahan ini tidak dapat saling melarutkan.

Sebenarnya semua bagian buah pala bisa disuling dan diambil minyaknya. Tetapi yang paling banyak mengandung minyak adalah biji (12 %) dan fuli (11 %), sehingga hanya kedua bagian itulah yang kerap dipilih. Sedangkan tempurung dan daging buah bisa dipakai untuk keperluan lain, seperti pembuatan manisan, dodol, dan sirup pala.

Metode Penyulingan

Secara umum, dikenal tiga metode penyulingan minyak atsiri (termasuk aplikasinya pada buah dan biji pala. Ketiga metode itu adalah perebusan, pengukusan, dan penguapan secara langsung.

Pada metode perebusan, bahan direbus dalam air mendidih. Minyak atsiri akan menguap bersama uap air, kemudian dialirkan melalui kondensor untuk menjalani proses kondensasi. Alat yang digunakan dalam metode ini disebut juga alat suling perebus.

Untuk metode pengukusan, bahan dikukus dalam ketel yang konstruksinya mirip dengan dandang. Minyak atsiri akan menguap, lantas terbawa oleh aliran uap air menuju ke kondensor untuk proses kondensasi. Alat yang digunakan disebut alat suling pengukus.

Lain lagi dengan metode penguapan langsung. Bahan dialiri dengan uap yang berasal dari ketel pembangkit uap. Minyak atsiri akan menguap, dan terbawa aliran uap air menuju ke kondensor untuk kondensasi. Alat yang digunakan disebut alat suling uap langsung.

Bagi perajin atau industri kecil, penyulingan minyak pala lebih tepat menggunakan metode perebusan dan pengukusan, sebab peranti yang diperlukan relatif sederhana dan murah. Prosesnya pun tidak terlalu rumit.
Tetapi metode pengukusan masih lebih bagus daripada perebusan, karena mampu menghasilkan produk yang lebih berkualitas, serta lebih efisien (rendeman lebih banyak).

Untuk perajin atau industri skala sedang dan besar, tentu metode uap langsung jauh paling baik daripada dua metode lainnya. Sebab, hasilnya lebih berkualitas, dengan rendeman yang lebih banyak pula.

Bahan dan Alat

Untuk menyuling minyak pala dengan metode pengukusan, Anda harus memiliki alat suling pengukus. Alat ini terdiri atas ketel suling, kondensor (pengembun uap), dan penampung hasil pengembunan. Siapkan pula botol kaca berwarna gelap atau jerigen plastik yang berkualitas bagus untuk menampung minyak pala.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah biji pala yang telah dikeringkan, buah pala muda (umur 4-5 bulan), kertas saring berlapis magnesium karbonat, dan air.

Mengapa harus buah pala muda? Sebab buah pala muda mengandung minyak atsiri lebih banyak daripada buah pala tua. Tetapi yang diambil bukan daging buahnya, melainkan fuli yang melekat kuat pada biji pala.

Sebelum proses penyulingan dimulai, bersihkan bagian dalam ketel suling. Setelah itu ketel diisi dengan air bersih. Permukaan airnya berada 3-5 cm di bawah plat berpori, yang menjadi alas potongan biji dan buah pala.

Kalau memungkinkan, gunakan air hujan karena tidak akan menimbulkan endapan / kerak pada dinding bagian dalam ketel suling. Tapi kalau tidak ada, air biasa pun bisa digunakan.

Sekarang, masukkan biji dan buah pala yang sudah dipotong ke dalam ketel. Bahan disusun dengan formasi seragam dan mempunyai cukup rongga untuk penetrasi uap secara merata ke dalam tumpukan bahan.

Tumpukan bahan yang terlalu padat dapat menyebabkan terbentuknya rat holes, yaitu suatu jalur uap yang tak banyak kontak dengan bahan yang disuling. Hal ini menyebabkan rendemen dan mutu minyak pala menjadi rendah.
Setelah bahan dimasukkan, tutup rapat-rapat penutup ketel, sehingga tidak ada celah sekecil apapun yang memungkinkan uap lolos
dari celah tersebut.

Kondensor dialiri dengan air pendingin. Saat itu alat pemisah air dan minyak sudah terpasang pada saluran keluar kondensat. Ketel dipanaskan dengan api tungku / kompor.

Usahakan api hanya mengenai dasar ketel. Api yang terlalu besar bisa menjilat dinding ketel, sehingga dinding menjadi sangat panas dan bisa menyebabkan gosong atau rusaknya bahan di dalam ketel.

Proses penyulingan biasanya berlangsung selama 24-48 jam. Karena menggunakan metode sederhana, minyak pala yang diperoleh masih mengandung sejumlah kecil air. Kadar air dapat dikurangi dengan menyaring minyak melalui kertas saring berlapis magnesium karbonat. Untuk memperoleh produk dengan kandungan air rendah, minyak pala harus disentrifusi dengan kecepatan tinggi, atau bisa disaring dengan penyaring mekanis.

Setelah itu, minyak disimpan dalam botol kaca yang berwarna gelap dan kering. Tutup rapat-rapat botol tersebut, karena minyak ini mudah menguap. Penggunaan jerigen plastik juga diperbolehkan, asalkan harus berkualitas tinggi. (Amanah-32)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER