panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Wacana
19 Mei 2009
Surat Pembaca
Kenapa Pembuatan KTP dan KK Sangat Lama
Saya warga pindahan dari Wonosobo. Setelah menikah dengan suami yang orang Batang, kami pindah ke Semarang. Sebagai warga negara, kami langsung membuat surat pindah dan mengurus KK dan KTP baru.  Kamis, 14 Mei 2009 setelah ke RT, RW, dan Kelurahan, saya tiba di Kecamatan Tembalang. Dokumen telah dinyatakan lengkap oleh petugas dan saya membayar biaya administrasi Rp. 20.000.

Tetapi saya benar - benar kecewa setelah diberitahu ternyata KTP baru bisa jadi dua minggu lagi dan KK belum bisa dibuat karena blangko KK habis.

Saya tanya kapan KK bisa jadi, petugas bilang nanti bulan Agustus. Setelah saya desak apa tidak bisa lebih cepat, dia bilang itu sudah peraturan. Saya benar - benar tidak mengerti. Saya dengar sekarang sedang musim razia KTP dan KK, tapi mengurusnya butuh waktu berbulan - bulan.  Sekarang ini saya dan suami  terpaksa tidak memegang dokumen tanda penduduk Indonesia.

Bapak/Ibu yang berwenang, apa iya mengurus KTP butuh dua minggu dan KK butuh empat bulan? Apa sebegitu tidak berharganya KK sehingga waktu empat bulan dianggap sebentar dan warga dibiarkan tidak mempunyai dokumen - dokumen diri?

Febriana Nur Farida
Klipang Pesona Asri III blok G no. 6
RT. 15/RW. 28 kel. Sendang Mulyo
Kec. Tembalang, Semarang

***

Bisakah S1 untuk PAK bagi PNS Guru

Saya guru SD di Kabupaten Jepara dan sudah PNS. Pengangkatan CPNS saya menggunakan ijazah SPG. Pada saat pengangkatan CPNS tahun 2007 juga sudah mempunyai S1 (Pend. Sejarah).

Yang menjadi pertanyaan saya, apakah S1 (Pend. Sejarah) bisa diikutsertakan dalam PAK (penghitungan angka kredit)? Sebagai catatan, SPG tahun 1987, S1 tahun 1993.

Bagi pembaca yang budiman, tolonglah saya. Kepada siapa saya harus bertanya tentang masalah ini? Hub.085290277100 

Heny Sulistiati
Senenan RT 12/RW 04 Jepara

***
Kerusakan Kartu Simpati

Saya pemegang simpati no 081391701111. Pada 7 Mei 2009 saya melaporkan kerusakan kartu. Ternyata menurut tenden, kartu saya hangus tmt 2 Mei 2009. Padahal, 16 April 2009 masih saya pergunakan untuk sms.

Ketika saya tanyakan data sms terakhir dijawabnya dengan ketus ”rahasia”. Yang lebih tidak mengenakkan, setelah lama tanpa keputusan akhirnya saya diusir dengan cara yang kurang edukatif. Akhirnya saya tinggalkan tempat itu dengan perasaan sedih dan kecewa.

Selain itu apakah talkmania hanya slogan karena persentase jawaban kehabisan quota lebih sering dibanding keberhasilan registrasi. 

Saran saya, ke depan supaya diperbanyak pembekalan atau kursus untuk para customer service supaya lebih santun dalam menghadapi customer. Semoga ke depan lebih maju dan semakin dicintai lebih banyak pelanggan.

R.Moch Abadi, SE.Akt,M.si
Tengger Barat 39 B Rt02 Rw07 Semarang

***
Penataan Masalah Lalu Lintas di Kebumen

Dua berita di harian ini pernah muncul. Pertama, pada 24-2-2007 mengenai: ''Kebumen Hadapi 6 Masalah Lalu Lintas''. Kedua berita terakhir pada 1 Mei 2009 tentang: Rute Semua Angkutan Akan Diubah.

Masalah pertama, pada garis besarnya, diusulkan agar Jalan Kusuma jadi satu arah. Sedangkan yang kedua, adanya pemikiran bagaimana terminal bus yang baru bisa berfungsi maksimal.

Yang ingin saya tanyakan, sejauh mana tindak lanjut Surat Keputusan Bupati No. 551.2 tanggal 18 Juli 2000 mengenai Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Lalu Lintas.

Waktu itu Kasatlantas mengusulkan agar dibenahi, karena sudah tidak sesuai dengan kondisi kelembagaan baru. Bila telah mengalami perubahan, sejak kapan. Demikian dan terima kasih.

Ambijo
Jl. HM. Sarbini 40, Kebumen

***
Pengamanan di RSUD Purwodadi Ditingkatkan

Membaca tembusan surat Saudara Drs Marno yang ditujukan kepada kami tanggal 28 April 2009 perihal: Pengamanan di RSUD Purwodadi, bersama ini kami sampaikan informasi yang Saudara sampaikan telah kami tindaklanjuti dengan melakukan pembinaan terhadap staf.

Selanjutnya tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih atas saran dan masukan Saudara yang telah peduli terhadap pelayanan kami. Demikian untuk menjadikan maklum.

Direktur RSUD dr Raden Soedjati Kabupaten Grobogan

Dr. Iman Santosa, M.Kes.
Pembina Utama Muda
NIP. 19560601 198203 1 012

***
Pemangkasan Pohon Sebaiknya Malam Hari

Pemangkasan pohon di sepanjang bahu Jalan Menoreh Raya, Kelurahan Gajah Mungkur, Semarang, sebaiknya dikerjakan malam hari. Pasalnya, kegiatan tersebut sungguh sangat mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

Selain membahayakan pengguna jalan yang sewaktu-waktu dapat tertimpa cabang pohon, sampah pangkasan berupa ranting dan cabang pohon yang teronggok di tengah dan bahu jalan juga menyebabkan kemacetan.

Bahkan petugas yang menyingkirkan batangan pohon jika tidak hati-hati berisiko tertabrak oleh kendaraan yang sedang melintas.

Memang pemangkasan pohon dipandang perlu dilakukan. Sebab, akhir-akhir ini intensitas hujan lebat disertai angin kencang sering terjadi dan dapat mengakibatkan pohon di sekitar bahu jalan bisa tumbang sewaktu-waktu.

Akan tetapi, lebih baik lagi jika pemangkasan pohon dikerjakan dengan memilih waktu yang tepat. Seperti di daerah asal saya Kabupaten Kebumen, biasanya pengerjaan dilakukan malam hari.

Hal ini dilakukan semata-mata untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab pengguna jalan di malam hari relatif lebih sedikit daripada di siang hari. Semoga tulisan ini bisa menjadi pertimbangan bagi pihak yang terkait.

Moch. Masykur Afandi
Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional
Universitas Wahid Hasyim Semarang
Panggel, Panjer, Kebumen

***
Penjelasan yang Benar tentang Tanah di Kalicari

Saya Mochamad Imron, alamat Jl.Kapas Utara Raya G.926 A Genuk Indah Semarang, pekerjaan swasta. Dalam Harian Suara Merdeka Jum at 15 Mei 2009 halaman A diberitakan masalah Lapangan Kalicari dengan berjudul ”Lapangan Kalicari Diklaim Milik Perseorangan”.

Mengingat dalam pemberitaan menyangkut nama saya dan ada sedikit yang kurang benar, maka sangat perlu saya luruskan sehingga merupakan penjelasan / tanggapan sebagai Hak Jawab saya  atas pemberitaan yang kurang pas sehingga dapat merugikan nama baik saya.

Hal ini sayala kukan dengan mengingat Kode Etik Jurnalistik Pasal l Ayat (1) dan (2), dengan harapan semoga dapat dimuat tanpa dikurangi ataupun ditambah sehingga dapat mengubah arti yang sebenarnya / dari kalimat redaksionalnya.

1. Benar pada 14 Juni 1984 istri saya telah mengganti rugi tanah garapan kepada Rasimin dilengkapi surat keterangan dari Kantor Kelurahan Sendangguwo tertanggal 7 Juli 1984 dengan no.593/ 62/ 84 ditandatangani oleh kades dan di stempel. Isinya menerangkan tanah tersebut tanah garapan Rasimin dan surat ganti rugi antara Rasimin dan penggarap asal, yaitu Muhadi pada 9 Juli 1983.

Ganti rugi tersebut diketahui oleh Kades Sendangguwo saat itu Bp. Masud (bukan melalui Bayan Desa Sendangguwo). Adapun luas tanah 3 patok / 7.500 m2 (tidak 23.400 m2), terletak di Dukuh Kalicari, yang saat itu termasuk Kelurahan Sendangguwo Kec. Semarang Timur, Kodya Dati II Semarang dengan nilai ganti rugi Rp 4.500.000 (empat juta lima ratus ribu rupiah). Adapun Kantor Kelurahan Kalicari, batas tanah bengkok dan tanah garapan saya.

2. Tanah garapan saya sejak itu seakan - akan terbengkalai, tidak kami urus. Oleh remaja sekitar, tanah tersebut dimanfaatkan untuk sarana olahraga tanpa seizin kami. Maka pada 14 Februari 1986, saya melayangkan surat kepada Kades Sendangguwo untuk mengklarifikasi tanah garapan yang dimanfaatkan para remaja.

Pada tanggal 24 Februari 1986, kami menerima surat dari Pembina Remaja Kalicari, yang garis besarnya disamping permohonan maaf, juga izin penggunaan tanah garapan tersebut dengan cara pinjam dan sanggup merawatnya sebelum kami memanfaatkan. Surat  diketahui oleh Kades Sendangguwo Bp. Masud.

3. Dengan adanya dua jenis stempel yang dipergunakan Bp. Masud saat itu, kami tahu dan tidak merisaukan. Sebab, surat yang kami dapat sifatnya umum dan yang tertera di Musyawarah Kelurahan dengan acara pelepasan/penggunaan dan penukaran tanah eks bengkok, pendapat kami saat itu sifatnya khusus/ kepanitaan.
Demikianlah penjelasan kami dengan harapan dimuat secara utuh, sehingga tidak menghilangkan arti sebenarnya.

Mochamad Imron

***
Murid Baru Jangan Dijadikan Sapi Perahan

Tahun ajaran baru segera  tiba. Lembaga-lembaga pendidikan mulai memasang iklan dalam bentuk spanduk untuk menarik perhatian calon siswa. Baik dengan menawarkan fasilitas gedung baru plus fasilitas yang komplet-plet sampai sekolah yang gedungnya baru dibangun.

Saya berharap murid baru jangan dijadikan sapi perahan atau lumbung dana untuk sebuah fasilitas apa pun di sekolah. Mari kita cermati sebuah iklan yang membawakan program sekolah gratis. Walau dalam pelaksanaannya mungkin ada ketentuan-ketentuan tertentu.

Semoga kita semua selalu menjunjung tinggi tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan bukan membuka bisnis di bidang pendidikan.

Dharma Setyanto
RT 01/V Tlangu, Sukorejo, Kendal

***
 HP Baru, SuaranyaTidak Terdengar


Pada Februari 2009 saya membeli HP seri Nokia N 3500 di Akar Daya Jl. Sriwijaya 71 Semarang. Baru terpakai 40 hari terjadi gangguan. Kalau menerima call atau sms, suara HP tidak terdengar. Karena masih garansi saya bawa ke pelayanan service Nokia di Jl. Sriwijaya Semarang.

Setelah dicek oleh petugas service, ada persoalan di antena speaker dan dijanjikan paling cepat 4 hari atau paling lama 2 minggu selesai diperbaiki. Karena saya hanya punya 1 HP dan sangat membutuhkan HP untuk komunikasi, maka di antara waktu yang dijanjikan tersebut saya sempatkan datang ke Show Room Service Nokia atau lewat telepon 0248451181.

Dengan harapan HP segera jadi. Namun jawabannya menunggu spare part dari Jakarta. Apabila saya tidak sabar menunggu, HP bisa di-cancel atau diambil kembali. Setelah tenggang waktu yang dijanjikan lewat, saya kembali datangi, namun jawabnya masih sama, yaitu harus menunggu.

Di sini saya jadi sedikit ragu, perusahaan sebesar Nokia dengan mutu service nomor satu dan terbesar di seantero tanah air kok kesulitan spare part?

Dengan sedikit berdebat dan berat hati, HP saya tarik dengan kondisi belum jadi. Saya langsung  membawanya ke Matahari Simpanglima Semarang lantai 3. Dalam waktu 30 menit dan ongkos Rp 75 ribu, HP jadi baik kembali. 

Dengan tulisan ini saya berharap manajemen Nokia ke depannya selalu mengutamakan pelayanan servis pada pelanggan dengan cepat, akurat, dan memuaskan. Semoga sukses Nokia.

Nining Ekowati
Margoyoso RT 04/RW 04 Jrakah, Semarang
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER