panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
01 Mei 2009
Menyoal Transparansi Kenaikan Tarif PDAM (3-Habis)
Menghitung Sendiri Biaya Pengeluaran Air
SUMAIDAH penasaran berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan PDAM per 1 Mei. Ia mengikuti simulasi penghitungan tarif yang dilakukan bersama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kota Semarang.

Ia pun berpikiran, jangan-jangan ia harus merogoh kantong lebih dalam untuk membayar tagihan itu. Barangkali pengetahuan bisa ia pergunakan untuk persiapan anggaran pengeluaran bulanan yang harus tersedia tersebut.

Warga Jatingaleh itu hanya tersenyum tipis. Yang pasti ia tidak sedang senang dengan kenaikan tarif tersebut. Karena dari mulutnya keluar, ’’Kok malah dadi tambah bayare?’’

Ia menyodorkan rekening PDAM kepada petugas LBH. Maka dihitunglah perkiraan biaya yang harus dikeluarkan.    

Dalam rekening PDAM, ia masuk dalam golongan F RT 3. Setiap bulan, rata-rata menggunakan air PDAM sebanyak 35 meter kubik.

Air tersebut ia pergunakan untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari memasak, mandi, mencuci, dan minum. 

Bila pada tagihan Maret 2009 ia membayar Rp 84.400. Maka pada tagihan tarif baru per 1 Mei, ia harus membayar sekitar Rp 88.325 dengan tarif Rp 1.535/meter kubik untuk 10 meter kubik 

pertama, Rp 2.120/meter kubik untuk 10 meter kubik kedua, dan Rp 3.455/meter kubik untuk lebih dari 20 meter kubik. Biaya itu belum termasuk tambahan untuk biaya administrasi Rp 2.500, dana meter Rp 5.000, dan retribusi kebersihan Rp 3.000. Bila terlambat membayar dari waktu yang telah ditentukan, yakni tanggal 25 setiap bulannya, maka bisa dikenai denda.

Kenaikan tarif PDAM membuat sejumlah lembaga turut membantu mendampingi masyarakat, terutama untuk simulasi penghitungan. Selain LBH ada pula Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K).

Hal itu sebagai tindakan advokasi bila menemui keluhan pelanggan. Ngargono, Ketua LP2K mengatakan, pihaknya siap membantu pelanggan PDAM yang mengeluhkan kenaikan tarif yang ia terima tidak rasional.

Penghitungan tarif sudah melalui mekanisme yang ditentukan. Sehingga siapa saja bisa memperkirakan pengeluaran yang akan ditanggungnya. ’’Silakan datang ke LP2K apabila masih menyangsikan dengan tarif yang dibebankan kepadanya,’’ katanya. (Moh Anhar, Achiar MP-56)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER