panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Pantura
01 April 2009
Pembiayaan Kospin Jasa ke UKM Capai Rp 21,9 Miliar
TEGAL- Pembiayaan Kospin Jasa Cabang Tegal ke pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Tegal, selama Januari-Maret 2009 mencapai Rp 21,9 miliar. Pembiayaan ini diberikan kepada 447 anggota maupun calon anggota.
Pemimpin Cabang Kospin Jasa Tegal, Arya Maulana Mahdi mengatakan, kredit UKM dengan nilai di bawah Rp 200 juta ini telah disalurkan kepada 447 anggota dan calon anggota.

Menurut dia, sebagai koperasi, pihaknya selama ini berkomitmen membantu masyarakat yang mempunyai usaha skala  kecil hingga menegah.
 
Adapun bantuan yang diberikan kepada anggota maupun calon anggota disesuaikan dengan kemampuan mereka membayar. Sedang untuk pengembalian kredit UKM, diberikan jangka waktu dari 1-4 tahun.

”Jangan sampai kredit memberatkan peminjam. Oleh karena itu kami akan melakukan survei terlebih dulu sebelum mencairkan kredit. Ini untuk melihat kapasitas peminjam,”tuturnya.

Meski terjadi krisis global, pengembalian kredit selama ini, menurut dia cukup lancar. Rasio kredit macet (nonperforming loan/NPL) masih dibawah 5 persen. Adapun bunga yang dikenakan kepada peminjam sebesar 1,2 persen per bulan.

Pembagian SHU

Sementara itu, bagi peminjam yang sudah menjadi anggota, setiap tahun akan mendapat pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dari  jasa pinjaman 16,12 persen.

”Keuntungan peminjam yang telah menjadi anggota Kospin Jasa, yakni pada akhir tahun mendapat pembagian SHU jasa pinjaman sebesar 16,12 persen. Bila diperhitungkan maka bunga kredit yang dikenakan besarnya kurang dari 1,2 persen,”tuturnya.

Ia menyebutkan, hingga saat ini anggota Kospin Jasa Cabang Tegal dan Cabang Pembantu Banjaran (Kabupaten Tegal) mencapai 361 orang. Setiap anggota akan dikenakan simpanan pokok Rp 1 juta dan simpanan wajib Rp 9 juta.

Sementara itu, untuk produk simpanan (tabungan) sejak Januari-Maret mencapai Rp 152 Miliar. Bagi anggota Kospin Jasa setiap tahun akan mendapat SHU dari jasa simpanan 8,06 persen. Sedangkan bunga yang diberikan disesuaikan dengan jenis simpanan. (H45-61)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER