panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
05 Maret 2009
SMA Negeri 3 Raih ISO 9001:2008
  • Sempurnakan Tataran Manajemen
SEMARANG- SMA Negeri 3 Semarang akan meraih sertifikat ISO 9001:2008. Sebab, setelah diaudit badan sertifikasi dari Inggris, mereka berhasil mendapatkan nilai yang bagus.

ISO merupakan pendukung manajemen di tataran operasional. Demikian dikatakan Kepala SMA Negeri 3 Drs Soedjono MSi, di kantornya, kemarin.
Menurut dia, sekolahnya meraih hasil yang bagus, karena selain tataran operasional dikendalikan dengan ISO 9001:2008, juga menerapkan balanced scorecard , yakni alat untuk mengetahui seberapa jauh ketercapaian semua program.

’’Keunggulannya dengan kesiapan tingkat operasional yang bagus serta menerapkan konsep balanced scorecard itu prospek ke depannya dirasa mampu mendukung penyempurnaan manajemen mutu secara keseluruhan. Dengan demikian, sekolah kami dinyatakan baik,’’ ungkapnya.

Dia mengatakan, balanced scorecard  itu biasanya diterapkan di perusahaan besar. Lalu, mengapa dimanfaatkan di lembaga pendidikan? Menurut Soedjono, kalau di perusahaan out put  adalah peningkatan finansial, sedangkan di pendidikan target utamanya profil akhir anak didik.

Dijelaskan, ada beberapa komponen dalam konsep itu, di antaranya finansial, internal proses, customer and stakeholder, dan peningkatan sumber daya manusia. Yang dimaksud customer  adalah para murid atau orang tua siswa.

Dilayani

Mereka harus dilayani dengan sebaik-baiknya, jangan sampai terjadi komplain. Apabila mereka terpuaskan, efeknya anak didik akan memberikan respon yang baik terhadap pembelajarannya. Sehingga, mendidik anak menjadi profil yang diharapkan.

Dalam mempersiapkan ujian,  kata dia, pihaknya juga menerapkan prosedur ISO. Yakni, setiap siswa dipantau perkembangannya. Guru akan membidik anak yang dinilai masih kurang.

Anak tersebut akan diseimbangkan antara pendidikan klasikal dan individual. Selain itu, juga ada tambahan jam pelajaran. ’’Kami juga mendatangkan motivator, melaksanakan uji coba atau try out  dan bekerjasama dengan orang tua murid. Selain itu, dilakukan peningkatan SDM guru,’’ ungkapnya.

Dia mengatakan, kalau ukurannya kelulusannya, sekolahnya bisa mencapai 100%. Rata-rata nilai cukup tinggi. ’’Tidak hanya itu, keterserapan di perguruan tinggi mencapai 125% lebih. Sebab, satu anak bisa diterima di beberapa perguruan tinggi,’’ terangnya.

Untuk diketahui, siswa di SMA Negeri 3 Semarang itu sebanyak 1.600 anak, mereka mengikuti pembelajara di 42 kelas.
Tenaga pengajarnya mencapai lebih dari 100 orang dan didukung 35 tenaga kependidikan.

Fasilitasnya setiap kelasnya minimal dilengkapi dengan satu unit komputer yang bisa dipergunakan untuk mengakses internet, atau laptop. Selain itu, perpustakaan dan laboraturiumnya juga memadai. (H3-18)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER