panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
21 Februari 2009
Pabrik Kayu Terbakar, Kerugian Rp 2 M
image
WONOSOBO- Pabrik kayu terbesar di Wonosobo, CV Mekar Abadi di Jl Sapuran-Purworejo km 18, kemarin terbakar. Penyebab kebakaran belum bisa diketahui. Kabag Playwood CV Mekar Abadi Taufik Purnomo mengatakan, kebakaran terjadi pukul 17.50.

Seorang pekerja mengetahui api telah menjalar di atas oven dari salah satu kamar departemen produksi barcore. saat itu alat itu tengah berproduksi.
 “Begitu tahu ada api, karyawan tersebut segera membuka pintu kamar, dengan maksud agar api tidak menjalar lebih luas lagi,” ujarnya, semalam (20/2).

Akan tetapi tak disangka api dari kamar nomer dua itu, justru semakin membesar. Ruang pillen (pengeringan) log balcon itu terdiri atas delapan kamar. Hingga pukul 21.30, api belum padam bahkan telah meludeskan empat kamar, nomor 2,3,6, dan 7. Tiap kamar selain berisi oven, terdapat kayu balcon sekitar 150 ribu m3-200 ribu m3.

Direktur CV Mekar Abadi Aryadi menyatakan, saat kejadian dirinya tengah bermain badminton tak jauh dari lokasi pabrik. Karyaawan yang ada di lokasi telah menggelontorkan empat tangki air bervolume 15.000 liter yang tersedia di pabrik.

Api tidak berhasil dipadamkan, sehingga dari dikerahkan dua unit mobil pemadam. Pemadam perlu sekitar dua jam untuk memadamkan api.  Kebakaran kali ini merupakan kejadian kali kedua. Sebelumnya terjadi sekitar empat tahun yang lalu, api juga berasal dari oven.

Kerugian ditaksir lebih dari Rp 2 miliar. Harga tiap oven bertenaga listrik dan berbahan bakar kayu ini senilai Rp 500 juta. Belum lagi kerugian kayu balcon yang ludes mencapai 800 ribu m3 yang ditaksir mencapai Rp 500 juta.

Dia menambahkan, seluruh unit produksi yang terdiri atas tiga departemen ini telah diasuransikan. Untuk membangun kembali ruang produksi yang terbakar, paling tidak dibutuhkan waktu tiga bulan lagi. “Kasihan para karyawan di bagian produksi ini,” kata Aryadi, yang sekaligus sebagai Ketua Paguyuban (SOTEM) Kayu Albasia se-Jawa. (J9,P55-46)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER