panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
03 November 2008
Benteng Pendem Ambarawa Memprihatinkan
UNGARAN - Kondisi Benteng Pendem Ambarawa, Kabupaten Semarang semakin hari semakin memprihatinkan. Sejumlah bangunan di luar bangunan utama untuk penjara LP Ambarawa, dindingnya banyak mengelupas diterpa panas dan hujan.

Benda sejarah peninggalan Belanda ini memiliki nilai budaya tinggi dan sangat disayangkan jika tidak tersentuh pemerintah. Hal ini ditegaskan anggota Komisi B DPRD The Hok Hiong.

Wakil rakyat yang tinggal di Ambarawa tersebut hari ini akan membicarakan Benteng Pendem saat pembahasan anggaran dengan Sekda di DPRD. ’’Saat ini kondisinya remuk, banyak benda yang hilang. Ini akan saya sampaikan dalam rapat panitia anggaran. Ini sangat penting sebab jika cagar budaya tersebut hilang, tiak ada duanya lagi,’’ katanya, Jumat (31/ 10).

Ia menegaskan, dengan kondisi benteng semakin parah, Gubernur diharapkan berkoordinasi dengan instansi terkait. Terlebih tentang status kepemilikannya. ’’Kalau tidak segera ditangani bisa-bisa rubuh,’’ ucapnya.

Ia mengatakan, meski ditempati untuk para narapidana dan tahanan, ruang-ruang lainnya di LP tersebut hanya untuk sarang walet. Pihaknya akan membahas langkah-langkah strategis apa bersama Pemkab Semarang agar Benteng Willem I ini bisa terselamatkan.

Ketua Yayasan Ambarawa Pusaka (Ambarawa Heritage) Ir Joko Setiyanto juga merasa prihatin. Sebagai putra daerah, kontraktor yang malang melintang di nusantara ini bersedia membangun kembali kawasan Ambarawa sebagai daerah pariwisata berbasis konservasi.

Bangunan Kolonial

’’Khusus untuk benteng pendem ini saya akan memberi masukan pada Pemkab dalam Perda Perlindungan Cagar Budaya berkonsep suatu kawasan untuk kelompok bangunan kolonial, taman, dan perabot,’’ paparnya.

Selanjutnya mengintegrasikan kegiatan konservasi terutama pada pihak pemilik serta yang berkepentingan dan dalam perencanaan tata ruang yang ada. Ambarawa Heritage juga akan memberi wacana bahwa penjara bukan menjadikan barang yang tersisihkan dan dibiarkan tanpa perawatan.
Ambarawa Heritage juga akan menjadikan benteng pendem ini salah satu daerah tujuan wisata pada sisi tata ruang luarnya dengan view ke Danau Rawapening.

’’Selain itu memiliki background pegunungan secara optimal, misalnya didukung dengan kawasan city walk dan resto terbuka,’’ tandas Joko.
Pihaknya pun bersedia mempersiapkan jaringan kerja sama antarpihak berkepentingan dalam pengelolaan secara internal dan eksternal, untuk kawasan benteng pendem berbasis konservasi dan pariwisata. (H14-16)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER