panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
16 Oktober 2008
LPK Asiana Siapkan Calon TKI ke Korea
ANYEONG haseyo? Ne, anyeong haseyo... (Apa kabar? Ya, kabar baik...). Kalimat sapaan tersebut mengawali proses belajar mengajar Bahasa Korea di LPK Asiana di Jl Kartini Rengas, Bawen, Kabupaten Semarang. Di lembaga ini sudah tujuh angkatan yang mempelajari bahasa dan budaya negeri tersebut.
’’Kalimat sapaan atau ucapan selamat tersebut wajib diucapkan tatkala tinggal di Korea. Sebab, hal ini menjadi tradisi jika bertemu orang lain,’’ kata Nur Rofik, instruktur Bahasa Korea di LPK Asiana, Bawen, kemarin.

Pria yang telah 10 tahun malang melintang di Korea itu   prihatin dengan banyaknya penipuan oleh perusahaan pengerah jasa TKI, yang akhirnya membuat sengsara orang-orang Indonesia. Ia menyarankan agar warga Indonesia yang ingin bekerja di Korea langsung mendaftarkan diri ke Depnaker atau BNP2TKI.

’’Khusus calon TKI ke Korea, jangan percaya lembaga atau perusahaan PJTKI, karena proses pengiriman ke Korea langsung ditangani pemerintah melalui Depnaker,’’ terang Nur Rofik, pimpinan LPK Asiana.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak memberikan uang muka kepada perusahaan yang mengaku bisa mengirim TKI ke Korea. Sebab, pembayaran dilakukan secara resmi setelah dipastikan calon TKI akan berangkat. Sistem pengiriman antar- Pemerintah Korea dengan Indonesia (Depnaker) atau G to G.

’’Ada tahapan yang harus dilalui calon TKI ke Korea. Pertama ikut pelatihan Bahasa Korea selama dua bulan. Lalu, ujian Bahasa Korea (KLPT) oleh universitas yang ditunjuk pemerintah,’’ terang Rofik.

Kurikulum Standar

Tahap selanjutnya, mendaftar ke Depnaker dengan syarat lulus ujian KLPT dibuktikan dengan sertifikat KLPT. Proses berikutnya pengiriman dokumen, penempatan ke pabrik di Korea, dan persiapan berangkat. ’’Persiapan pemberangkatan selama 10 hari di Jakarta dikenai biaya kurang dari Rp 6 juta sudah termasuk visa dan tiket pesawat. Pembayaran setelah calon TKI mendapat kepastian berangkat,’’ tutur dia.

Menurut Rofik, LPK yang dipimpinnya menyesuaikan program pemerintah dengan kurikulum standar Korean Language Proficiency Tes (KLPT). Beberapa syarat untuk mengikuti program pengiriman TKI adalah laki-laki dan wanita berusia 18-38 tahun dan berpendidikan minimal SMU/SMK. ’’Saat ini kami membuka pendaftaran untuk angkatan ke-8 pada 13-18 Oktober. Pelatihan Bahasa Korea dimulai 20 Oktober. Bisa menghubungi kantor kami di (0298) 7102179 atau sekretaris LPK Asiana, Joko 0856 4046 4397,’’ jelas Rofik.   (Rony Yuwono-37)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER