panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
11 Oktober 2008
Publik Bisa Ajukan Pembubaran Yayasan
JAKARTA- Direktorat Administrasi Hukum Umum (AHU) Departemen Hukum dan HAM berencana menyebarkan surat edaran kepada yayasan yang berisi pemberitahuan batasan penyesuaian terhadap UU 28/2004 tentang Yayasan telah berakhir pada 6 Oktober 2008.

Hal ini dikatakan Direktur Jenderal (Dirjen) AHU Depkumham Symasudin Manan Sinaga yang ditemui, kemarin. ’’Surat tersebut hanya berupa surat edaran,’’ ujarnya.

Dia mengatakan, masih sedikit yayasan yang telah melakukan penyesuaian terhadap UU Yayasan yang baru.

Ditanya berapa banyak yayasan yang telah menyesuaikan dengan UU baru, Manan mengaku tidak memiliki data secara keseluruhan terkait jumlah yayasan. ’’Kami belum mencatat secara resmi, begitu juga data yang ada di daerah,’’ ujarnya.

Dia juga menegaskan, tidak dapat membubarkan yayasan yang tidak melakukan penyesuaian. ’’Pembubaran hanya dapat dilakukan oleh pengadilan,’’ tegasnya.

Pengajuan pembubaran, lanjutnya, tidak hanya oleh penegak hukum tetapi juga anggota masyarakat yang merasa dirugikan oleh keberadaan suatu yayasan.

Fungsi Administratif

Sebab, pihaknya tidak melakukan pengawasan terhadap aktivitas sebuah yayasan. ’’Kami hanya memiliki fungsi administratif. Untuk selebihnya dilakukan oleh masyarakat termasuk pengawasan. Jaksa juga dapat mewakili kepentingan masyarakat dalam pengajuan pembubaran yayasan.’’

Dia meminta, yayasan menyesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2008 yang menjadi peraturan pelaksana dari UU 28 tahun 2004.

Dalam PP tersebut, di antaranya mengatur tata cara pemberitahuan perubahan anggaran dasar dan perubahan data yayasan.

Selain itu, lanjutnya, PP juga mengatur syarat dan tata cara pemberian bantuan negara kepada yayasan. ’’Juga mengenai syarat dan tata cara yayasan asing melakukan kegiatan di Indonesia,’’ jelasnya.(J13-49)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER