panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
18 Agustus 2008
Unnes Tiadakan Ospek
SEMARANG - Pengalaman tahun sebelumnya membuat Universitas Negeri Semarang (Unnes) memutuskan untuk meniadakan ospek pada mahasiswa baru. Sebagai gantinya, 5.720 mahasiswa baru itu akan mengikuti kegiatan Program Pengenalan Akademik (PPA).

“Pelaksanaan ini dirasa lebih efektif ketimbang ospek,” kata Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MHum, setelah Upacara Peringatan Kemerdekaan 17 Agustus di lapangan FIK Unnes, Minggu (17/8).

Jika ospek pelaksanaannya diserahkan kepada mahasiswa senior dan terpusat, tidak demikian dengan PPA. Kegiatan ini, kata dia, dipusatkan di tingkat fakultas dan menjadi tanggung jawab dekan masing-masing. Mereka akan dikenalkan dengan kehidupan kampus melalui materi yang disampaikan.

Materi meliputi struktur Unnes, sistem pendidikan terpadu (sikadu), kemahasiswaan, layanan konseling, dan karya ilmiah. Karya tulis ditekankan pada persiapan para mahasiswa baru tersebut untuk menghadapi Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) tahun mendatang sejak awal. 

Pada pelaksanaan PPA itu keterlibatan dosen dikatakan paling besar. Kendati begitu mahasiswa senior juga tetap akan dilibatkan. Hanya saja, sangat dibatasi.

Dalam upacara tersebut diberikan sejumlah penghargaan kepada mahasiswa berprestasi Unnes. Mereka dipilih berdasarkan empat dasar penilaian, yakni karya tulis, bahasa Inggris, aktivitas yang dibuktikan dengan dokumen serta indeks prestasi (IP).

Selama empat tahun ini Unnes selalu masuk 15 besar lomba mahasiswa berprestasi tingkat nasional. Lomba tingkat nasional itu diikuti 2.014 perguruan tinggi negeri dan swasta. (H31-71)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER