panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Teknologi
21 Juli 2008
Manfaat Laser
SAMPAI saat ini telah dikembangkan berbagai jenis laser dengan jenis medium laser yang bervariasi. Secara umum laser diklasifikasi menurut jenis mediumnya menjadi 4 tipe, yaitu doped insulator, semikonduktor laser gas, dan liquid (cair).

1. Kedokteran. Laser doped insulator menggunakan bahan padat yang atom-atomnya berbentuk kristal sebagai medium lasernya. Laser jenis ini sangat kuat, mudah perawatannya, dan dapat menghasilkan daya yang tinggi. Contohnya, laser ruby dan laser Nd YAG. Kedua jenis laser ini banyak digunakan dalam dunia medis (kedokteran). Laser Candela SPLT-1B Vascular banyak digunakan untuk menghancurkan kelainan kulit berwarna merah. Laser Medlite IV Nd YAG untuk menghilangkan segala pigmentasi (misalnya bercak cokelat dan hitam di wajah, juga tato dengan pelbagai warna).

2. Serat Optik. Laser semikonduktor menggunakan sambungan p-n sebagai mediumnya. Contoh bahan semikonduktor yang banyak dipakai adalah InGaAsp (Indium_Galium-Arsen-Phosphor). Laser jenis ini yang paling banyak digunakan dalam sistem komunikasi serat optik karena kelebihannya dalam hal ukuran, tegangan listrik yang diperlukan, dan harganya yang relatif lebih murah.

4.  Kecantikan. Laser gas yang banyak digunakan, misalnya gas Helium-Neon, akan menghasilkan laser lembut berwarna merah berdaya rendah. Laser arsen menghasilkan warna biru. Kripton menghasilkan laser berwarna hijau atau uap air menghasilkan laser inframerah. Laser ini digunakan untuk merangsang penyembuhan kulit/ luka, pertumbuhan rambut, merangsang pigmentasi normal, dan mencegah perut luka. Laser karbon dioksida menghasilkan laser inframerah berdaya tinggi.

5. Pembedahan. Jenis laser lain yang banyak digunakan di dunia kedokteran adalah laser Sharpan Sure Touch karbon dioksida yang merupakan salah satu laser karbon dioksida terbaik di dunia. Pembedahan menggunakan laser karbondioksida membuat pendarahan minimal, lebih singkat, penyembuhan lebih nyaman dan lebih cepat. Laser jenis inilah yang sebenarnya sering digunakan untuk khitan di Indonesia.

Saat ini laser dengan bahan cair dan laser dye sebagai medium telah dikembangkan. Laser dye ini banyak digunakan untuk keperluan spektroskopi dan penelitian reaksi kimia. (Amien Nugroho, pegiat populerisasi sains, tinggal di Bantul- 80).

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER