panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
16 Juni 2008
Pelabuhan Kendal Diharapkan Beroperasi 2010
KENDAL- Pemkab menargetkan proyek pembangunan Pelabuhan Kendal selesai pada akhir 2009. Dengan demikian pada tahun 2010, infrastruktur perhubungan yang dibangun di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu itu diharapkan sudah mulai beroperasi. 

”Ya, kami optimistis target itu bisa tercapai, mengingat proses pembangunannya saat ini sudah mencapai 80%,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kendal, Affandi, kemarin.
Sisa pekerjaan yang masih harus diselesaikan meliputi tiga hal, yakni pembuatan break water (pemecah gelombang), pengerukan kolam pelabuhan, dan pengaspalan jalan masuk.

Pemecah gelombang  yang dibangun masih sekitar 300 meter. Pengerukan kolam pelabuhan masih 3/4 bagian atau 900.000 m3. Sedangkan pengaspalan jalan masuk sepanjang 4 km.

”Kondisi jalan sudah dikeraskan, jadi tinggal pelapisan aspal saja,” ujarnya.
Tahun ini, lanjut Affandi, pembangunan Pelabuhan Kendal hanya dianggarkan 1,2 miliar. Anggaran sebesar itu hanya cukup untuk membangun jaringan listrik, pembiayaan studi jaringan transportasi jalan, serta studi untuk rest area.

KEK Kedungsemar

Dana yang dibutuhkan untuk merampungkan proyek tersebut memang masih cukup besar, namun Affandi optimistis bisa ditutup oleh dana APBD Kabupaten dan sumber lain seperti APBD Provinsi, dan Pusat. ”Pendanaan proyek ini 70 % dari APBD Kendal, 5 % APBD Provinsi, dan 25 % dari pusat.”

Pelabuhan yang mulai dirintis sejak awal 2001 merupakan infrastruktur pendukung pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Ungaran, dan Semarang (Kedungsemar). Pada tahap awal, pelabuhan itu baru membuka satu jalur penyeberangan dari dan menuju Kumai, Kalimantan Barat. Sebuah kapal berkapasitas 2.000 penumpang yang akan dioperasikan untuk melayani trayek tersebut tengah dibuat.

Sejauh ini, izin penetapan lokasi dan penetapan lintas jaringan sudah dikantongi. Sedangkan izin operasional serta beberapa izin lainnya masih dalam proses. ”Tentu saja, turunnya izin operasional dari Menteri Perhubungan berhubungan dengan proses pembangunan fisik. Jika pembangunannya belum rampung, tentu saja izin itu belum dikeluarkan,” kata dia. (H6-16)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER