panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
14 Maret 2008
Syarat Jadi Anggota KPPS Memberatkan
  • Tidak Banyak yang Mendaftar
SEMARANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng meminta pemerintah     kabupaten/kota bisa memfasilitasi pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Sebab, sampai kini tidak banyak masyarakat yang berminat menjadi anggota KPPS setelah mengetahui berbagai persyaratannya. Ketua KPU Jateng Dra Fitriyah mengakui, syarat untuk menjadi KPPS sama beratnya untuk menjadi anggota KPU. Paling terasa adalah masyarakat yang berada di desa-desa, jauh dari ibu kota kabupaten/kota.

’’Kalau wilayah perkotaan, saya akui tidak menjadi soal. Tetapi bagi masyarakat desa, persyaratan menjadi anggota KPPS sangat sulit. Banyak kepala desa yang mengeluhkan masalah itu kepada kami,’’ kata dia, kemarin.

Disebutkan, untuk menjadi anggota KPPS harus memiliki sejumlah surat keterangan yang dikeluarkan instansi tertentu. Seperti syarat sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari puskesmas.
Selanjutnya surat keterangan dari pengadilan negeri yang menjelaskan bahwa yang bersangkutan tidak pernah dihukum penjara atas tindak pidana yang diancam hukuman minimal 5 tahun. 

’’Menjadi masalah ketika keberadaan instansi yang ditunjuk untuk mengesahkan persyaratan itu berada di ibu kota kabupaten/kota. Contohnya kantor pengadilan negeri yang berada di ibu kota, sementara jarak tempuhnya mencapai puluhan kilometer,’’ tuturnya.

Untuk mendapatkan surat-surat tersebut, lanjutnya, masyarakat terpaksa mengeluarkan biaya sendiri. Di satu sisi honor yang akan mereka terima menjadi anggota KPPS hanya Rp 100 ribu belum dipotong pajak 15 %.
’’Jelas banyak yang menolak, karena tidak sebanding dengan biaya pengurusan dan tanggung jawabnya,’’ ujarnya, Karena itu dia meminta pemerintah kabupaten/ kota bisa memfasilitasi masalah tersebut.

Anggota Komisi A DPRD Jateng Soejatno Pedro HD menyatakan syarat menjadi KPPS terlalu ideal. Perlu ada jalan keluar untuk mengatasi masalah itu. Misalnya dengan mempermudah proses dan bila perlu tanpa dipungut biaya. (H37,H7-60)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER