panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
26 Februari 2008
Jateng Paling Rentan Bencana
JAKARTA- Jawa Tengah merupakan kawasan di Pulau Jawa yang paling rentan terhadap berbagai bencana, seperti banjir dan tanah longsor.
Sejak 2003 hingga 2007, telah terjadi 29 kali bencana banjir yang terjadi pada 20 kabupaten/kota, sedangkan tanah longsor terjadi 33 kali di 16 kabupaten/kota.

''Jawa Tengah punya potensi longsor dan banjir paling tinggi, mungkin karena adanya DAS Bengawan Solo yang merupakan aliran sungai terbesar di Jawa, sementara kondisinya makin kritis,'' kata Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Pusat Iman Sudrajat dalam diskusi soal bencana di Jakarta kemarin. Hal senada dikemukakan pakar perencanaan Yayat Supriatna. 
Hasil penelitian IAP Pusat mencatat, secara total dalam kurun 2004-2006, sebanyak 257 desa di Jawa mengalami banjir bandang, 2.846 desa mengalami banjir tahunan dan 1.970 desa rawan longsor.
Data tersebut berasal dari  Institut Pertanian Bogor (IPB). Dari jumlah itu, sebagian besar terjadi di Jawa Tengah.

Menurut Yayat Supriyatna, selain DAS Bengawan Solo, tingginya frekuensi bencana di wilayah Jateng disebabkan oleh belum mendukungnya sejumlah peraturan perundangan terhadap pencegahan kerusakan sumber daya alam.
''Sebagian besar peraturan perundangan bersifat eksploitatif dan tidak kolaboratif maupun tidak devolutif,'' katanya.

Perda SDA

Sebagian besar Perda tentang pemanfaatan sumber daya alam (SDA), lanjut dia, diterbitkan dengan motif untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Ini sebanding dengan kondisi di provinsi lain di Jawa. Sebanyak 60 persen atau 71 dari 119 perda diterbitkan dengan motif untuk memperoleh retribusi izin usaha (pajak).

Perda yang diterbitkan dengan motif untuk mendorong timbulnya pengelolaan kolaboratif baru mencapai 30 persen (atau 36 perda). Sementara perda yang diterbitkan dengan motif untuk mengatur hak-hak masyarakat untuk akses, pemanfaatan dan kontrol atas sumber daya alam hanya mencapai 10 persen atau 12 perda. (bn-60)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER