panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Wacana
14 Februari 2008
GAGASAN
Kehebatan Soekarno
Soekarno bagi dunia adalah seorang yang luar biasa, bahkan ada bangsa yang menyebutnya sebagai orang jenius. Namun bagi yang tidak suka, mereka menyebut Soekarno sebagai The biggest trouble maker. Mari cermati kejeniusan Soekarno. Ketika di SMA/HBS dia sudah terjun ke politik dan setelah melanjutkan studinya di ITB Bandung menjadi lebih matang lagi pengetahuan ilmu politiknya terutama berkiblat kebangsaan/nasionalisme.

Setelah lulus dia betul-betul berkiprah dalam aktivitas politik membela rakyat/bangsanya melawan Belanda yang akhirnya membawanya ke penjara dan dibuang. Sesudahnya membuat pembelaan yang berjudul ’’Indonesia Menggugat’’ yang isinya menelanjangi politik busuk Belanda saat menjajah dan menguras habis harta kekayaan bangsa Indonesia.

Tulisan-tulisan Soekarno ketika muda dan saat dijebloskan ke penjara, sudah sangat bermutu bagi bangsa yang ingin menumbangkan kolonialisme. Kisah/kiprahnya banyak ditulis para pakar luar negeri sejauh mana ide, gagasan untuk kesejahteraan rakyat. Menurut saya di abad 20, belum pernah ada pemimpin bagi bangsa di dunia yang sehebat Soekarno. Pola pikirnya mendunia/universal/global.

Menurut saya sesudah PD I hanya ada 2 tokoh dunia yang hampir menyamai sepak terjang Soekarno. Pertama,  Adolf Hitler dari Jerman. Bermula dari tukang cat akhirnya menjadi kanselir/presiden untuk memodernisasi negaranya baik teknologi maupun industri. Tetapi Hitler hanya untuk rakyatnya saja tidak untuk dunia luar, karena politik yang dianut mendekati fasisme/militerisme/naziisme.
Kedua, Evita Peron isteri Presiden Peron dari Argentina, yang berawal dari seorang penyanyi. Waktu itu baik Presiden Peron maupun Evita Peron begitu besar karisma dan dedikasinya terhadap bangsanya. Saat kematian Evita Peron, ditangisi seluruh rakyat baik yang miskin maupun yang kaya.

Soekarno melalang buana mempresentasikan jiwa Pancasila ke seluruh penjuru dunia. Presentasinya tidak hanya di negara yang menghadapi problem penjajahan, tetapi juga dalam Sidang Umum PBB dengan judul  How to build the world a new. Bahkan dia berani mengelompokkan dunia dalam 2 kelompok besar, yaitu kelompok old emerding forces dan the new emerging forces.
Bahkan dalam sidang itu dia masih berani mengemukakan bahwa Deklaration of Independence-nya Thomas Jefferson (bekas Presiden Amerika) masih kurang satu yaitu dengan demokrasi baru, The freedom to be free. Akibatnya banyak negara yang terjajah pihak asing, bangkit serentak untuk merdeka, khususnya negara jajahan barat di Afrika.

Soekarno juga pernah datang ke Roma menghadap Sri Paus untuk mempresentasikan Pancasila dan diterima dengan penuh pengertian. Bahkan dia dianugerahi bintang Kepausan. Mungkin hanya sekali itu dalam sejarah, orang muslim dianugerahi kehormatan dari Sri Paus.

Di Jerman mempresentasikan Pancasila di University of Heidelberg, mendapat sambutan meriah dan di  Moskow dia minta negara komunis tersebut mau membandingkan hebatnya Pancasila dalam membangun dunia baru. Dalam menunaikan ibadah haji, Soekarno berpidato di Mina waktu para jamaah haji seluruh dunia berjumroh Saya tidak tahu adakah pemimpin negara lainnya pernah berbuat seperti dia.

Dia kalau berpidato tidak memakai teks dan di negara asing selalu menggunakan bahasa Inggris. Itulah sepintas kehebatannya dan kita bisa menilai sejauh mana perlakuan bangsanya terhadap dia. Masih banyak lagi yang bisa diungkap tentang Soekarno, termasuk cumbu rayunya terhadap banyak wanita cantik di seluruh dunia. Cuma 3 tokoh itu di abad 20 yang hebat, tetapi menurut saya Soekarno yang paling hebat.

Bambang Poernomo.
Jl Raya 36 Kranggan, Temanggung

***

Warisan Jenderal Besar

Meninggalnya Jenderal Besar, bekas Presiden RI ke-2 HM Soeharto, mewariskan beberapa hal bagi  bangsa ini yang sebagian masih menjadi kontroversi. Di antaranya yang mengundang kontroversi belum jelas fakta dan keputusan hukum adalah, keberadaan surat Supersemar, sikap otoriter dan pelanggaran HAM saat kepemimpinan beliau.

Juga kasus KKN yang mengakibatkan beliau lengser keprabon dari kursi presiden, yang menurut data berbagai media, mencapai triliunan rupiah uang rakyat yang dikorupsi.  Kemudian kasus terbaru yaitu gugatan perdata terhadap beberapa yayasan yang beliau pimpin ketika berkuasa, yang merugikan uang negara tidak sedikit jumlahnya.

Mungkin bagi rakyat kecil yang tidak tahu apa-apa, sangat mengharapkan warisan beliau yang menyangkut kasus KKN dan perdata yang menurut para ahli, angkanya mencapai triliunan rupiah segera diselesaikan. Artinya, uang tersebut dikembalikan ke kas negara untuk disalurkan ke kantong rakyat.
Saya mendorong kepada para tokoh yang dulu bicara dan punya bukti mengungkap kasus Bapak Soeharto agar proaktif.Jangan hanya menjadikan sebagai komoditas politik untuk menarik simpati rakyat. Status hukumnya harus jelas agar rakyat bisa tenang dan senang dengan hasil memuaskan serta tidak lagi mengundang reaksi rakyat yang tidak beralasan.

Kemudian wariasan beliau yang dianggap kontroversi dan sekarang sebagai alat ampuh para pemimpin adalah sikap otoriter. Dulu semasa rezim Soeharto, ada program kuningisasai di mana terjadi pemaksaan terhadap rakyat untuk memilih salah satu partai. Yang melawan bakal kena imbasnya bahkan terjadi pemboikotan untuk daerah yang membangkang.

Sikap otoritar warisan pendahulu ini bisa dilihat di daerah yang pempimpinnya berasal dari pengurus parpol. Dia akan menggiring rakyatnya untuk memilih parpol yang dia pimpin. Dari ilmu kepemimpinan yang diwariskan untuk mempertahankan kekuasaan seperti pernah dijalankan Soeharto, sebenarnya marak terjadi di daerah sehingga rawan menimbulkan KKN baru.

Belajar dari kasus Soeharto tersebut menjadikan para tokoh dan aktivis lebih kritis dan berhati-hati serta lebih jeli. Mereka harus menyikapi secara arif masalah yang menyangkut nasib bangsa, yang selalu terombang-ambing tanpa ada penyelesaian jelas.

Hasani
Harjowinangun Barat RT 2/RW 2
Tersono, Batang

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER