panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
home > Bicara Fakta
02 April 2011 | 13:36 wib
Kasus Pembobolan: Banyak Bank Malu Melapor
image

Oleh Bambang Isti

SEMENJAK lahir "primadona" baru untuk ketegori "white collar crime", yang bernama Melinda Dee alias MD sebenarnya kejahatan kerah putih ini banyak dialami oleh banyak bank di Indonesia. Tapi mereka memilih menyelesaikannya secara internal, dengan alasan malu kredibelitas banknya akan rusak di masyarakat, atau  misalnya karena kasus-kasus pembobolan di bawah Rp 1 milyar.

Namun menurut Drajad Wibowo, pengamat ekonomi, angka Rp 17 milyar yang diduga ditilep MD itu masih sebagian, karena diperkirakan masih ada nasabah lain yang dirugikan.

"Tapi apakah semua nasabah ini berani melaporkan apa nggak. Sebab kalau yang bersangkutan melapor, mereka tahun biayanya akan lebih besar lagi," kata Drajad seperti saat diwawancara Radio Elshinta Jumat (1/4).

Bahkan jauh sebelum itu kasus pembobolan bank ini sangat banyak. Catat saja tahun 2003 terjadi di bank BNI. Bahkan masih banyak lagi banyak yang tidak dlaporkan polisi tapi diselesaikan secara internal karena bank malu atau karena jumlahnya di baweah Rp 1 milyar.

Bahkan jauh sebelum itu kasus pembobolan bank ini sangat banyak. Catat saja tahun 2003 terjadi di bank BNI. Bahkan masih banyak lagi banyak yang tidak dlaporkan polisi tapi diselesaikan secara internal karena bank malu atau karena jumlahnya di baweah Rp 1 milyar.

Banyak bank.

Bank swasta yang kebobolan ternyata bukan hanya Bank BCA walaupun jumlahnya paling banyak diantara bank lainnya. Bank yang terkena kebobolan selain Bank BCA adalah Bank  BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Permata, dan Bank BII. Sementara Kepolisian tengah melakukan tindakan terkait dengan kasus ini.

Semenjak kepolisian menetapkan regional manager Citibank Melinda Dee sebagai tersangka penggelapan uang nasabah. Wanita seksi ini menilep dana nasabah Rp 17 miliar, Jumat (25/3/). Pihak polisi memang belum mengungkap siapa sebenarnya MD itu. Namun, pasca terungkapnya kasus ini, sejumlah foto perempuan cantik nan seksi itu beredar disejumlah forum online dan Blackberry Messenger (BBM).

Menurut Irjen Pol Anton Bachrul Alam, Kadiv Humas Polri, tersangka MD sengaja melakukan kejahatan dengan mengaburkan transaksi dan pencatatan tidak benar terhadap beberapa sliptransfer penarikan dana pada rekening nasabah. Untuk memindahkan sejumlah dana milik nasabah tanpa izin kebeberapa rekening yang dikuasai oleh pelaku MD.

Dilanjutkan kasus ini terungkap, setelah ada laporandari management Citibank kekepolisian. Juga ada korban yang lapor seluruh isi rekeningnya berkurang cukup signifikan.

Sampai kini, sambung Anton, masih mengumpulkan data jumlah nasabah yang menjadi korbannya. " Kami meminta jika ada nasabah Citibank, yang dananya hilang hendaknya segera lapor ke polisi, "sarannya.

Menurut Ito Sumardi Kabareskrim, kejahatan perbankan ini sangat rawan. Sistem IT juga rawan dibobol. "Maka bank harus memperketat kontrol intenalnya, kalau tidak godaan itu selalu ada. Jika melihat uang yang berseliweran. Apalagi jika diketahui kelemahan sistem internal," kata Ito Semardi.

Sebaliknya Drajad Eibowo berpesan, "Maka untuk nasabah jangan teralu percaya apalagi dengan internet bank king atau E banking, dan jangan telalu mudah percaya pada si cantik atau seksi," kata dia.

Sejarah Pembobolan bank dalam setahun terakhir

Waktu Perkara Bank
Januari 2010 PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatat kerugian yang ditaksir mencapai Rp 5 miliar akibat pembobolan uang 200 nasabah lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM). BCA
23 Februari 2010 RS, seorang wanita yang bekerja sebagai customer service Bank Mandiri cabang Jakarta Selatan ditangkap. RS diduga membobol dana rekening nasabah mencapai Rp 18,79 milyar. Selain menangkap RS, juga JMT. Bank Mandiri
( Bambang Isti / CN25 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga
Komentar dari FB


Panel menu
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 35087
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36328
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 36695
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 40803
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 35880
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER