panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Liputan Haji
01 Oktober 2011 | 20:45 wib
Besok Kloter Calhaj Pertama Embarkasi Solo Diterbangkan

Solo, CyberNews. Embarkasi Adi Soemarmo Solo besok pagi, Minggu (1/10) pukul 08.00 akan menerbangkan 375 jamaah calon haji (calhaj). Penerbangan perdana rombongan haji 2011 dari Bandara Adi Soemarmo ini akan diikuti 375 rombongan calhaj dari kelompok terbang (kloter) 1 calhaj asal Kabupaten Kebumen.

Sayang pelepasan haji kali ini tidak bisa dihadiri Gubernur Bibit Waluyo.  Menurut keterangan dari bagian humas Embarkasi Adi Soemarmo, Bibit berhalangan hadir karena kesibukannya. Kemungkinan posisinya akan digantikan Wakil Gubernur (Wagub) Rustriningsih.

"Gubernur (Bibit Waluyo--red) diperkirakan berhalangan hadir besok. Namun Pemprov telah mengirimkan konfirmasi ada pejabat yang melepas calhaj. Kami perkirakan Wagub (Rustriningsih--red) yang akan datang, serta disaksikan sejumlah anggota DPR RI dari Komisi VII," papar Bagian Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Embarkasi Solo Zainal Abidin, Sabtu (1/10).

Zainal menginformasikan, pelepasan calhaj tahun ini akan berbeda dengan proses pemberangkatan tahun sebelumnya. Bila dulu, gubernur atau wagub bisa mengantar rombongan sampai landasan pacu pesawat. Kali ini prosesi semacam itu tidak diperkenankan lagi.

Demi kelancaran dan keamanan penerbangan, Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan prosedur tetap (protap) bahwa pelepasan calhaj cukup dilakukan di asrama haji. "Jadi kepala daerah tidak perlu mengantar hingga masuk dalam pesawat. Toh, inti prosesi pelepasan sama antara di asrama dan bandara," katanya.

Namun demikian lanjut Zainal, protap itu tidak berlaku kaku. Bagi kepala daerah yang menginginkan untuk melepas sampai bandaran masih bisa diizinkan. "Walapun izin itu sifatnya sangat terbatas. Kalau memang gubernur atau wagub ingin datang sampai di bandara diperbolehkan, tapi Kemenag meminta pelepasan haji cukup dilakukan di asrama haji saja," imbuhnya.

( Budi Sarmun S / CN26 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
17 April 2014 | 03:23 wib
Dibaca: 586
16 April 2014 | 12:14 wib
Dibaca: 879
03 April 2014 | 13:45 wib
Dibaca: 561
09 Maret 2014 | 03:05 wib
Dibaca: 517
19 Februari 2014 | 13:30 wib
Dibaca: 483
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER