image

Foto: suaramerdeka.com / dok

29 Mei 2017 | 04:47 WIB | Raket

Juara Piala Sudirman, Korsel Kubur Ambisi Tiongkok

GOLD COAST, suaramerdeka.com – Tiongkok akhirnya harus mengubur ambisi untuk bisa membawa pulang Piala Sudirman tujuh kali beruntun. Adalah Korea Selatan yang berhasil mengubur ambisi tim Negeri Tirai Bambu itu setelah di partai puncak yang digelar pada Minggu (28/5), Tiongkok harus bertekuk lutut di tangan pasukan Negeri Ginseng dengan skor tipis 2-3.

Adalah ganda campuran Choi Solgyu/Chae Yoo Jung yang menjadi penentu kemenangan tim Korsel. Choi/Chae dipercaya untuk menghadapi LuKai/Huang Yaqiong di partai penentu. Duet penghuni ranking 14 dunia itu bermain solid sekaligus mampu menekan sejak awal pertandingan untuk kemudian menang dengan 21-17 dan 21-13.

Kemenangan ini membawa Korsel menang 3-2 sekaligus menjadikan rekor pertemuan mereka pun menjadi 3-2. “Kami bermain di bawah performa terbaik kami,namun kami akui lawan pun tampil baik hari ini,” ujar Huang.

Sementara itu, Choi pun menuturkan rasa bahagianya saat dirinya berhasil menjadi penentu kemenangan tim Korea. “Kami senang danbangga atas kemenangan ini. Ini adalah hasil kerja keras kami selama ini,” ungkap Choi.

Carrara Indoor Stadium, Gold Coast, Australia, menjadi saksi bisu bagi Korsel merebut Piala Sudirman untuk keempat kali. Dan ini juga adalah kali kedua bagi Tiongkok takluk di tangan Korsel pada partai puncak, setelah sebelumnya terjadi di tahun 2003 di Eindhoven, Belanda. Kala itu, Korea bahkan menang 3-1 atas Tiongkok.

(Wahyu Wijayanto /SMNetwork /CN26 )