10 September 2017 | Her Spirit

Fungsional dan Estetis

Dua hal yang menjadi kesukaan Aretha Nuri Okkyana sejak kecil adalah menggambar dan menyanyi. Menarik, dua hobi itu kini menjadi bidang yang ia geluti, yakni arsitek dan penyanyi.

Pengalamannya bekerja secara freelance sejak masih kuliah S-1, serta latar belakang keluarganya yang banyak berwirausaha, membuatnya mantap untuk memulai bisnis sendiri. “Saya mulai merintisnya sejak tahun lalu. Karena masih baru, saya merasa masih harus banyak belajar.

Kalau belum banyak belajar saya merasa belum maksimal,” tutur wanita yang sedang kuliah di Magister Teknik Arsitektur Undip itu. Dalam mendesain bangunan, Okky, begitu sapaan akrabnya, menyukai desain yang fungsional dan estetis. Menurutnya, sebuah desain tak hanya harus kokoh. Lalu tak hanya terlihat bagus atau mewah tapi tidak ada fungsinya.

Meskipun dibangun dengan tujuan sangat fungsional, tidak boleh luput dari sisi estetikanya. Untuk jenis gaya, wanita yang hobi menyanyi tersebut menyatakan tidak memiliki patokan gaya desain. Jadi, tidak terpaku pada satu gaya alias bisa fleksibel. Ia mengatakan, saat ini banyak orang yang menyukai desain modern dan ramah lingkungan.

Menurutnya, hal ini karena sudah mulai banyak orang yang peduli dengan isu soal lingkungan. “Jadi arsitek itu tidak cukup bermodal idealis, tapi juga harus bisa memberi pengaruh positif untuk banyak orang,” imbuhnya. Okky juga tergabung dalam tim arsitek muda yang direkrut Pemerintah Kota Semarang dalam program Kampung Tematik.

Meski jenis pekerjaan yang dilakoni sangat berbeda dari pekerjaannya sehari-hari, ia mengaku menikmati perbedaannya. Alasannya, bertemu dan berdiskusi dengan masyarakat yang berjumlah tidak sedikit sebagai kliennya. Dan juga, ia merasa senang karena bisa ikut mempromosikan kota kelahirannya.( 58)