10 September 2017 | Ikapesta

IKAPESTA

Inspirasi Dekorasi Pernikahan

  • Oleh Dhaneswari Tiara

Selain penampilan memukau dari mempelai pengantin, tamu undangan dapat dibuat takjub dengan dekorasi pernikahan. Karena itu, banyak dari calon pengantin yang berlomba-lomba menjadikan dekorasi dari pernikahan mereka menawan dan berbeda dari yang lain.

Konsep yang tertuang dalam dekorasi pernikahan layaknya cerminan karakter dari pasangan pengantin sendiri. Jika Anda sedang mencari inspirasi dekorasi pernikahan, empat vendor dekorasi ini siap membocorkan tren dekorasi yang kini sedang digandrungi. Nico Agung S Moerland, pemilik Victory Decoration di Jalan Semarang Indah C 15/22 membeberkan tren dekorasi yang sedang digemari oleh para pengantin.

“Sebagian konsumen masih ingin dekorasi nuansa rustic dan garden. Untuk tema sekarang orang kebanyakan minta yang out of the box, kalau bisa berbeda dari yang sudah ada. Adanya perkembangan teknologi, kini klien sangat mudah mencari gambar yang sesuai dengan imajinasinya,” papar Nico. Vendor yang berdiri sejak 2005 ini menyebutkan selalu mementingkan keinginan dan kebutuhan konsumen.

“Victory Decoration mampu memenuhi segala keinginan klien. Pengerjaan dekorasi pun dilakukan secara detail sampai ke bagian yang terkecil. Tak hanya wedding, kami juga menggarap acara perusahaan dan mall promotion baik di Semarang maupun luar kota,” ungkap Nico. Selain rustic dan garden, menurut Maycke Arinta, pemilik Vanda Decoration yang berdiri sejak 1971, tren dekorasi saat ini jatuh pada perpaduan contemporary dan future design.

“Dekorasi yang sedang digandrungi adalah perpaduan contemporary dan future design, sebagai contoh adalah desain berbentuk garis-garis lurus ataupun asimetris yang berulang, dengan pemakaian material yang modern seperti besi, acrylic, dan stainless. Untuk rangkaian bunga lebih alami dengan rantingranting, daun, dan sedikit bunga warna lebut seperti putih, pink muda, krem, hijau, peach,” jelas Maycke.

Vanda Decoration berada di Jalan Taman Hasanudin D-52 (Pondok Hasanudin) Semarang. Vendor ini mengutamakan desain yang menarik demi menciptakan decak kagum tamu undangan. “Keistimewaan dekorasi kami adalah desain yang menarik, pekerjaan yang detail, rapi, dengan mengutamakan mutu dan kualitas hasil pekerjaan untuk kepuasan konsumen,” ujar Maycke sambil tersenyum.

Mengutamakan Rasa

Berbeda dari keduanya, Flanila Decoration yang diwakili oleh sang pemilik Soenarto Adiputranto membocorkan tren dekorasi belakangan ini adalah arch geometry. “Tren dekorasi terus berganti, sehingga persiapan konsep harus bisa memprediksi tema yang sesuai pada bulan-bulan tertentu.

Untuk tren yang akhir-akhir ini diminati adalah arch geometry dengan bidang yang transparan atau membentuk bayangan untuk menegaskan detail-detail yang elegan. Warna dasar putih dipadukan warna bunga nude dengan aksen tertiary colors mulai sering digunakan,” ungkap Soenarto. Vendor dekorasi yang beralamat di Jalan Pekunden Timur 1 No 12 Semarang sejak 2015 ini selalu mengutamakan rasa dalam dekorasinya.

“Keistimewaan dekorasi kami ada pada rasa dan fleksibilitas dalam memilih bidang, proporsi serta warna pada detail dalam sebuah ruangan yang harus dikerjakan, sehingga nantinya ide-ide dari klien bisa benar-benar diterapkan dan sesuai pada karakteristik tiap tempat yang berbeda. Tentu setiap vendor berbeda dalam masalah rasa, namun ini bisa menjadikan dekorasi di kota ini semakin beragam dan menginspirasi lebih banyak orang,”jelas Soenarto.

Nanang Khusnaini, pemilik vendor Diah Kharisma Dekorasi yang berfokus pada dekorasi tradisional sejak 2001 ini mengatakan, tren dekorasi akhir-akhir ini adalah bernuansa alam. “Tren dekorasi saat ini masih nuansa alam dan kebun dengan latar belakangf utama vertical garden. Untuk nuansa warna bunga soft cerah,” jelas Nanang. Berada di Jalan Jangli Raya Jatingaleh Semarang, Diah Kharisma Dekorasi mengandalkan tim kreatif untuk dapat mewujudkan keinginan klien.

“Kami spesialisasi di dekor tradisional yang identik dengan pemakaian bunga segar untuk rangkaiannya. Kami punya team work mulai dari tim marketing hingga tim kreatif, jadi saya selaku pemilik tidak harus turun langsung. Dengan adanya tim marketing, segala permintaan dan pertanyaan dari klien dapat direspon cepat. Konsep dekorasi kami pun selalu berubah, karena adanya tim kreatif yg mengolah setiap keinginan klien,” tutup Nanang.(58)