10 September 2017 | Layar

Kabar Jawa Tengah

TVKU Sambut Siaran TV Digital

  • Hari : Selasa (12/9) Pukul: 19.00WIB

Media penyiaran TV merupakan sarana penyampaian informasi yang efisien dan banyak digunakan di Indonesia maupun negara lainnya di dunia. Perkembangan teknologi penyiaran TVterrestial (dari darat ke darat), baik yang digunakan untuk pemirsa diam (fixed) dan pemirsa bergerak (mobile), mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring dengan berkembangnya teknologi digital.

Saat ini berbagai negara telah memutuskan untuk migrasi dari teknologi penyiaran TV analog ke teknologi penyiaran TV digital. Hal tersebut dilakukan karena penyiaran TVterrestial dengan menggunakan teknologi digital mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan penyiaran TV dengan teknologi analog.

Meskipun pemerintah Indonesia telah menentukan akan menggunakan teknologi penyiaran TV Digital DVB-T, maka dengan mengetahui perbandingan masing-masing keunggulan teknologinya dan pengalaman masing-masing negara dalam mengimplementasikannya, akan banyak membantu dalam membuat perencanaan yang lebih matang dan menyeluruh untuk implementasi penyiaran TVdigital di Indonesia.

TVKU sebagai salah satu televisi lokal di Semarang yang telah berusia lebih dari 10 tahun menyambut baik rencana siaran TVdigital. Direktur Operasional TVKU Dr Dwi Eko Waluyo MM mengungkapkan, siaran TVdigital akan semakin memanjakan pemirsa untuk mendapatkan gambar siaran televisi yang lebih tajam dan jelas.

Keseriusan TVKU dalam menyambut siaran digital selain memperbarui peralatan siaran yang lebih modern dan mendukung digital, TVKU Semarang secara resmi telah mengajukan surat ke Kemenkominfo RI untuk dapat mengikuti siaran uji coba TV Digital yang diselenggarakan pertengahan tahun ini.

Jika berjalan lancar TVKU akan menjadi satu-satunya TVLokal di Semarang yang akan bersiaran digital. Dengan TV digital masyarakat akan mendapatkan kualitas gambar dan warna yang dihasilkan jauh lebih bagus daripada televisi analog. Selengkapnya dapat Anda saksikan lewat tayangan Kabar Jawa Tengah, Selasa (12/9) pukul 19.00. (Sofie-43)