14 September 2017 | Suara Kedu

284 Peserta Daftar Panwascam

PURWOREJO- Pendaftar Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) hingga penutupan pada Selasa (12/9), pukul 16.00, mencapai 284 orang. Mereka terdiri 211 pendaftar laki-laki dan 73 perempuan yang tersebar di 16 kecamatan, di mana masing-masing kecamatan telah memenuhi kuota minimal sembilan pendaftar. “Pendaftar terbanyak kecamatan Purworejo sebanyak 40 orang. Disusul Kecamatan Purwodadi 27 orang, dan Kemiri 24 orang. Terendah Kecamatan Grabag sebanyak 11 orang,” kata Keua Panwas Purworejo Rinto Hariyadi, Rabu (13/9).

Menjelang penutupan pendaftaran, lanjut dia, sejumlah kecamatan belum memenuhi kuota. Namun beberapa jam kemudian terpenuhi. Menurutnya, berdasarkan surat instruksi dari Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Nomor 179/BAWASLU PROV.JT/- OT.00/IX/2017 tanggal 11 September 2017 perihal Pedoman Pembentukan Panwas Kecamatan, jumlah kuota minimal pendaftar disetiap kecamatan sebanyak sembilan orang. “Penerimaan pendaftaran sudah dimulai sejak 6 September,” terang Rinto.

Tiga Orang

Dia menjelaskan, jika pada batas akhir penerimaan pendaftaran yakni tanggal 12 September 2017 memenuhi kuota, maka akan dilakukan perpanjangan penerimaan pendaftaran satu hari, yakni sampai 13 September 2017. Perpanjangan ini berlaku untuk kecamatan yang belum memenuhi kuota. “Alhamdulillah sudah terpenuhi, sehingga tidak ada perpanjangan pendaftaran. Kami sebelumnya melakukan sosialisasi perekrutan panwas kecamatan melalui media cetak, radio, media sosial, dan menyebarkan informasi ini ke Ormas, dan komunitas yang ada di Purworejo,” imbuhnya.

Lebih lanjut, apabila setelah diperpanjang masa pendaftaran ternyata kuotanya belum memenuhi, maka akan tetap dilanjutkan ke tahapan seleksi selanjutnya. Kini, tahap selanjutnya dilaksanakan seleksi administrasi. Kemudian bagi peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi tertulis pada 16 September di STAINU Purworejo. Dari hasil seleksi tersebut diambil enam besar di masing-masing kecamatan. Kemudian mengikuti tes wawancara 20 September untuk diambil tiga orang dan pengumumannya pada 25 September.(K5-26)