14 September 2017 | Suara Banyumas

Tingkatkan Pengawasan

PEMKABBanjarnegara diminta melakukan pengawasan secara intensif terhadap pelaksanaan proyek kegiatan fisik, yang dilakukan pihak pelaksana kegiatan. Hal itu ditegaskan Wakil Ketua DPRD Banjarnegara, Bambang PS. "Pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan harus terus dilakukan. Jangan sampai kecolongan. Sehingga kualitas pekerjaan terjamin," ujar dia.

Selain kualitas, hal yang perlu mendapat perhatian yakni waktu pengerjaan. Jangan sampai pekerjaan molor atau tidak sesuai dengan schedul yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dengan pengawasan yang ketat, maka akan meminimalkan resiko pekerjaan molor dan tidak sesuai dengan progres yang diharapkan.

Sehingga ia meminta kepada pemkab untuk melakukan langkah itu agar tidak ada potensi kerugian bagi masyarakat di kemudian hari. Evaluasi secara terukur dan terprogram, akan menjadi nilai lebih pengelolaan kegiatan terutama fisik di Banjarnegara. Karena masyarakat tentu sangat berharap, kualitas pengerjaan yang dilakukan pihak pelaksana, sesuai dengan spesifikasi teknis dan berkualitas.

"Jangan sampai asalasalan dalam melaksanakan proyek kegiatan. Harus mengutamakan kualitas bangunan sehingga tahan lama," lanjutnya. Dinas teknis terkait juga diminta untuk bersikap tegas kepada pelaksana kegiatan bila mendapati hal-hal yang dinilai keluar dari aturan.

Di sisi lain, ia memberikan apresiasi kepada pemkab yang sudah memanggil pelaksana kegiatan yang dinilai tidak melakukan kewajibannya dengan baik. Waktu pengerjaan yang mepet, juga dinilainya menjadi salah satu celah alasan pelaksana kegiatan dalam melakukan pembangunan. Sehingga karena hanya mengejar deadline waktu pengerjaan, tidak memperhatikan kualitas bangunan. Bila ini terjadi tentu yang akan menjadi korban adalah masyarakat.(Bahar Ibnu H-19)