14 September 2017 | Semarang Metro

Fun Hiking Matrapala FIB Undip

Mendaki Gunung sembari Belajar Sejarah

Narasi sejarah bisa disampaikan melalui berbagai cara. Salah satunya melalui kegiatan mendaki gunung Ungaran.Kegiatan yang digagas Unit Kegiatan Mahasiswa Mahasiswa Sastra Pecinta Alam Fakultas Ilmu Budaya (UKM Matrapala FIB) Undip, itu bertajuk Fun Hiking 2017.

SELAINdiajak mendaki dan dikenalkan dasar-dasar mendaki gunung, seluruh peserta juga mendapat pembelajaran sejarah sejumlah situs di sepanjang pendakian. Menurut Ketua Matrapala FIB Undip Idham Farid, kegiatan ini baru kali pertama digelar dan ditujukan untuk seluruh mahasiswa pencinta alam di FIB Undip. ”Kami ingin memberi kegiatan yang kreatif, inovatif, sekaligus edukatif bagi para anggota pencinta alam. Jadi tidak sekadar jalan-jalan dan kemah, tapi ada cerita sejarah yang dibagikan sepanjang pendakian,” papar Idham, mahasiswa Ilmu Perpustakaan angkatan 2013, kemarin. Para peserta Fun Hiking 2017 diajak menyusuri Dusun Promasan, Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kendal, yang berada di kaki Gunung Ungaran.

Di wilayah tersebut terdapat Gua Jepang yang merupakan bukti agresi militer Jepang di wilayah tersebut pada 1942-1945.

Pengalaman Berbeda

Selain Gua Jepang, ada pula Sendang Pengilon yang merupakan salah satu mata air kuno warisan Kerajaan Mataram Hindu pada abad ke-9. ”Ada beberapa anggota kami yang berasal dari Jurusan Ilmu Sejarah Undip, sehingga mereka mampu menceritakan seluk beluk sejarah kedua situs ini dengan lengkap,” imbuh Idham.

Salah satu peserta Fun Hiking dari jurusan Antropologi FIB Undip, Roro Nadya mengaku mendapat pengalaman yang berbeda saat ikut dalam kegiatan ini. ”Kegiatannya sangat menginspirasi dan kemasan cerita sejarahnya menarik. Di samping itu, kegiatan ini bisa mengakrabkan anggota Matrapala FIB Undip yang berbeda jurusan dan angkatan, sembari berkemah di Gunung Ungaran,” tutur mahasiswi angkatan 2015 ini.(Joseph Army Sadhyoko-57)