14 September 2017 | Olahraga

Drama Urawa di Saitama

SAITAMA- Malam penuh drama kembali terjadi untuk memperebutkan tiket semifinal Liga Champions AFC. Setelah Guangzhou Evergrande mampu menyamakan agregat meski sempat defisit empat gol dari Shanghai SIPG, giliran dua klub Jepang, Urawa Reds Diamonds berjuang hebat mengatasi selisih dua gol ketika menjamu Kawasaki Frontale.

Berbeda dengan Guangzhou yang akhirnya kalah tragis lewat adu penalti, semalam, Urawa Reds ganti menang dengan selisih tiga gol 4-1, sehingga berhak lolos ke semifinal dengan agregat 5-4. Di Saitama Stadium 2002, dua gol penentu kelolosan Rezzu (Merah), julukan Urawa Reds, dicetak Rafael Silva dan Toshiyuki Takagi pada menit ke-84 dan 85. Dua gol lainnya diceploskan Shinzo Koroki (35’), serta Zlatan Ljubijankic (70’). Menang 2-0 pada leg pertama, Kawasaki sejatinya sempat di atas angin.

Ketika tuan rumah membutuhkan kemenangan dan menghindari kebobolan, tim asuhan Toru Oniki ini malah makin menjauh berkat gol Elsinho pada menit ke-19. Namun kartu merah Shintaro Kurumaya, tiga menit setelah Urawa mencetak gol penyama mengacaukan segalanya.

Comeback Urawa bagai ulangan hasil dalam babak 16 besar. Ketika itu, melawan Jeju United (Korsel), mereka juga kalah 0-2 saat menjadi tamu, namun kemudian menang 3- 0 pada leg kedua di kandang sendiri. Lolos ke semifinal, pemenang Liga Champions asia 2007 itu selanjutnya akan berjumpa dengan Shanghai SIPG. Sementara itu dari regional barat, klub asal Iran, Persepolis mendapat keuntungan dua penalti untuk menyingkirkan jagoan Arab Saudi, Al-Ahli dengan agregat 5-3.

Setelah bermain seri 2-2 pada leg pertama, Persepolis menang 3-1 dalam perjumpaan kedua di stadion netral di Abu Dhabi. Dua gol penalti Persepolis dicetak Godwin Mensha (83’), dan Mehdi Taremi pada menit keempat masa injury babak kedua. Striker Ali Alipour membuka keunggulan pada menit kelima, sebelum Al-Ahli menyamakan kedudukan lewat Saleh al- Jamaan, tujuh menit setelah jeda.(J21-65)