14 September 2017 | Olahraga

Debut Arsenal setelah 19 Tahun

LONDON - Setelah dua dekade selalu tampil di Liga Champions, Arsenal akan bermain di Liga Europa kontra klub Jerman, Koeln, di Emirates Stadium, London, Jumat (15/9) dini hari WIB nanti. AC Milan akan juga akan menyuntikkan kualitas bintang pada kompetisi antarklub kelas dua di Benua Biru tersebut.

Arsenal turun kasta karena musim lalu untuk kali pertama sejak 1995- 1996, mereka gagal masuk empat besar Liga Primer Inggris. Bos Arsenal, Arsene Wenger memastikan timnya akan menghadapi persaingan dengan serius, meski kecewa gagal ke Liga Champions setelah 19 musim. ”Kami akan menganggapnya serius, tapi prioritasnya adalah fokus ke Liga Primer.

Kami akan menggabungkan keduanya,” kata Wenger kepada Daily Telegraph, sebagaimana dilansir AFP, Rabu (13/9). ”Pada bulan Desember, kita akan lihat. Namun setidaknya kami ingin lolos ke babak berikutnya,” lanjut Sang Profesor. Kiper Arsenal, Petr Cech, yang memenangkan Liga Europa 2012/13 bersama Chelsea, menyebut kompetisi tersebut merupakan target berharga.

”Kami memutuskan bahwa ini adalah yang pertama kali, dan mudah-mudahan terakhir kali kami bermain di Liga Europa. Karena itu kami ingin memenanginya,” ucap Cech. Saingan The Gunners di Inggris, Manchester United menjuarai Liga Europa musim lalu, yang memberikan tiket ke Liga Champions musim ini. Wenger kemungkinan akan merotasi skuadnya karena persaingan di Grup H terbilang rumit. Selain Koeln, mereka juga akan menghadapi Red Star Belgrade dan raksasa Belarusia, BATE Borisov.

Disegani

Adapun juara Piala/Liga Champions, AC Milan memiliki tugas lebih ringan. Tergabung dalam Grup D, I Rossoneri bersaing dengan Austria Wina, AEK Athens, dan wakil Kroasia, Rijeka. Liga Europa kali ini merupakan kompetisi Eropa pertama Milan sejak 2013-2014. Setelah diakuisisi investor asal Tiongkok, mereka tampak berupaya kembali ke jalur benar menjadi klub yang disegani bukan hanya di Italia, namun Eropa dan dunia.

Namun kekalahan 1-4 dari Lazio pada Serie A akhir pekan lalu, menyadarkan tim asuhan Vincenzo Montella untuk terus berbenah. Setelah sempurna melewati dua babak kualifikasi, dini hari nanti Milan akan memulai petualangannya di kandang Austria Wina. ”Kami adalah tim baru. Tanggung jawab saya, bos dan manajemen untuk memimpin grup ini meraih kesuksesan,” kata kapten Leonardo Bonucci yang baru bergabung dari Juventus. ”Kami harus tetap bersama saat bermain di Liga Europa,” lanjutnya. (J21-65)