14 September 2017 | Ekonomi - Bisniss

Avanza Kuasai Pasar Mobil Keluarga

SEMARANG- Mobil Low Multipurpose Vehicle (MPV) atau mobil keluarga Toyota Avanza masih menguasai penjualan mobil di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Hingga Agustus 2017, penjualan Avanza sudah mencapai 5.936 unit. Pencapaian tersebut telah menyumbang 30?ri total penjualan semua merek Toyota di Nasmoco Grup.

‘’Sampai bulan Agustus 2017, realisasi penjualan kami 18.421 unit untuk semua merek Toyota. Adapun, penjualan Avanza tetap mendominasi dibandingkan tipe lainnya,’’ ungkap Managing Director Nasmoco Group Jateng-DIY, Fatrijanto di sela acara pengundian Nasmoco Merdeka di Dealer Nasmoco Pemuda Semarang, kemarin.

Menurut dia, Avanza masih menjadi produk paling laris, meski banyak produk baru bermunculan. Bahkan, pendatang baru di kelas Low MPV lainnya, Toyota Calya juga masih belum mampu menyamai penjualannya. Berdasarkan data penjualan terbesar Toyota di Jateng-DIY hingga Agustus 2017, Avanza terjual 5.936 unit, Calya 4.125 unit, Innova 3.001 unit. Sedangkan sisanya merek lain. Fatrijanto menuturkan, hingga Agustus penjualan yang dilakukan Nasmoco baru 60?ri target 2017 sebanyak 28.825 unit.

Kemudahan Pembelian

‘’Selama semester I tahun 2017 penjualan produk Toyota di Jawa Tengah dan DIY cukup baik, yakni terjadi peningkatan sekitar 7?ngan penjualan mencapai†18.421 unit untuk semua varian. Pencapaian tersebut baru sekitar 64?ri target penjualan tahun ini sebesar 28 ribu unit. Maka itu, di semester II kami akan berupaya menggenjot penjualan agar memenuhi target,’’katanya.

Diprediksi, pada semester II sampai akhir tahun penjualan tidak akan jauh berbeda dengan semester I. Hal itu dikarenakan, sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan adanya perbaikan daya beli masyarakat. ‘’Tahun sebelumnya pada semester II penjualan bagus, tapi untuk tahun ini†kemungkinan stagnan karena pertumbuhan ekonomi masih cukup stagnan,’’ucapnya.

Sementara itu, pada pengundian Nasmoco Merdeka, warga Bantul Yogyakarta atas nama Puji Arini AMD, berhasil mendapatkan undian satu unit mobil Toyota Agya. Marketing Director Nasmoco Group, Hartono Dinata menambahkan, dalam undian Nasmoco Merdeka terdapat 2.283 kupon undian hasil penjualan di bulan Agustus. ‘’Kami ucapkan selamat bagi pemenangan undian,’’imbuhnya.

Untuk terus menggenjot penjualan, lanjut dia, di Bulan September, Nasmoco kembali mengelar undian ‘’September Bahagya’’ dengan hadiah utama satu unit Toyota Agya. ‘’Selain undian kami juga memberikan hadiah lain seperti sepeda motor, televisi dan lainnya. Selain itu, juga memberikan kemudahan pembelian produk Toyota mulai dari DP 0% hingga bunga 0%,’’ imbuhnya.(K3- 74)