14 September 2017 | Fokus Jateng

Babinsa Siap Gerilya Cari Akseptor KB

SEMARANG- Sebanyak 70 Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari 14 Koramil jajaran Kodim 0733 BS Semarang mengikuti kegiatan Pembinaan Babinsa Motivator KB Kesehatan Kodim 0733 BS Semarang, di Aula Sudirman, Makodim Semarang, baru-baru ini.

Komandan Kodim 0733 BS Semarang, Letkol Inf M Taufiq Zega melalui Perwira Seksi Teritorial Kodim 0733 BS, Kapten Inf Suradi yang memberi paparan dalam kegiatan tersebut mengungkapkan Babinsa harus berperan aktif membantu pemerintah dalam menggaungkan Program Keluarga Berencana. ”Babinsa harus siap bergerilya mencari akseptor KB. Istilahnya mereka harus dapat mendorong kesadaran masyarakat ber-KB. Sasarannya adalah keluarga baru atau keluarga yang sudah memiliki dua anak.

Jika perlu bagi mereka yang hendak menikah pun juga jadi sasaran edukasi pentingnya KB. Babinsa juga harus bisa mengarahkan mereka yang hendak ber-KB ke mana,” ungkap Kapten Inf Suradi. Menurutnya, kegiatan pembinaan Babinsa untuk membekali mereka dalam kemampuan dan pengetahuan KB Kesehatan sebagai bekal sebagai motivator KB di lingkungannya masing-masing.

Ganggu Stabilitas

Lonjakan pertumbuhan penduduk yang berpotensi mengganggu stabilitas pertahanan dan ketahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi permasalahan serius yang dapat diantisipasi dengan program KB. ” Pertumbuhan penduduk harus dikendalikan demi stabilitas untuk menjamin kehidupan sejahtera bersama. Saat ini kesadaran masyarakat Semarang akan KB cukup tinggi. Di setiap kegiatan KB Kesehatan gratis yang kami gelar, peminatnya juga makin hari kian bertambah.

Namun minat KB masih didominasi oleh kaum perempuan. Kaum pria yang berminat KB lebih sedikit dibanding perempuan. Meski demikian dari tahun ke tahun jumlah pria yang KB juga naik signifikan,” jelas Kapten Inf Suradi. Dalam kegiatan yang berlangsung sehari tersebut juga melaksanakan Rapat Koordinasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Penduduk (KKBPK) dan Gerakan Terpadu Program KB (Gerdu Pro KB) Kota Semarang, yang diikuti pula Penyuluh KB se- Kota Semarang.

Ikut hadir dan sebagai narasumber Ketua Koalisi Kependudukan untuk Pembangunan Provinsi Jawa Tengah dan Dosen Unnes Prof Dr Ir Saratri Wilonoyudo MSi. Sementara itu, keseriusan pengendalian pertumbuhan penduduk juga dilakukan Kodam IV Diponegoro dengan menggelar kegiatan KB Kesehatan untuk masyarakat.

Kegiatan yang digelar sebagai rangkaian kegiatan penyambutan peringatan HUT TNI 5 Oktober tersebut merupakan program gratis atas kerjasama RST Bhakti Wira Tamtama Kodam IV Diponegoro, Dinas Kesehatan Kota Semarang, PMI Kota Semarang serta Kodim 0733 BS Semarang akan diselenggarakan mulai Rabu (20/9) mendatang.(H55- 41)