14 September 2017 | Fokus Jateng

Nasima Menuju Sekolah Internasional

SEMARANG- Dalam rangka mewujudkan harapan menjadi sekolah internasional, pimpinan Sekolah Islam Nasima Semarang melakukan studi banding ke Sekolah Global Asia, di Batam, baru-baru ini. Rombongan dipimpin Ketua Yayasan Nasima Agus Sofwan Hadi didampingi para manajer. Dalam kesempatan tersebut rombongan mempelajari sistem pembelajaran dan kurikulum di Sekolah Global Asia yang merupakan sekolah internasional di Batam. Sekolah yang memiliki jenjang TK, SD, SMP, dan SMA tersebut menerapkan kurikulum nasional dan internasional, yakni Cambridge.

‘’Sesuai tuntutan zaman, sudah saatnya Sekolah Nasima yang sudah berusia 25 tahun untuk berbenah diri dan terus meningkatkan mutu pendidikan, di antaranya menjadi sekolah bertaraf internasional,’’kata Agus Sofwan. Berbagai persiapan telah dilakukan dan akan segera diberlakukan untuk tingkat SMA. ‘’Sebagai tahap awal kami akan menerapkannya di tingkat SMA, baru kemudian disusul di bawahnya,’’ jelas Manajer Pendidikan Sekolah Nasima Dwi Sukaningtyas.

Salah satu persiapan yang dilakukan antara lain menyangkut sarana dan prasarana yang memadai sesuai persyaratan sekolah internasional. ‘’Kami juga sudah menjajaki kerja sama dengan sekolah uar negeri. Termasuk meningkatkan kualitas para guru di semua jenjang, terutama penguasaan bahasa Inggris.’’ Salah satunya dengan mengirim 160 guru untuk belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare, Kediri, Jatim.

‘’Di sana mereka mengikuti program pelatihan sebulan penuh,’’ papar Dwi. Adapun untuk meningkatkan kualitas guru di bidang mata pelajaran Matematika dan Fisika, Nasima bekerja sama dengan Yayasan Surya Institute Bandung. ‘’Dengan persiapan yang matang, baik dari segi sarana dan prasarana, kurikulum dan SDM, insya Allah Nasima akan menuju sekolah bertaraf internasional,’’tambah Agus Sofwan.(D2-41)