14 September 2017 | Suara Muria

Warga Rahtawu Berobat Gratis

KUDUS-Ratusan warga di sekitar lereng Pegunungan Rahtawu, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Rabu (13/9) mendapat pengobatan gratis di balai desa setempat. Kegiatan tersebut merupakan bhakti sosial Polres Kudus bekerja sama dengan RSU Mardi Rahayu.

Acara itu dalam rangkaian peringatan HUT Polwan, HUT Satlantas dan HUT Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) di lingkup Polres Kudus. Sekitar 150 warga mendapatkan layanan kesehatan dari tim dokter dan perawat RSU Mardi Rahayu. Menurut Kapolres AKBPAgusman Gurning, pengobatan gratis itu sebagai bentuk kepedulian institusinya terhadap sesama khususnya kaum lansia.

Adapun pemilihan lokasi dimaksudkan sejalan dengan upaya pemkab memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tinggal jauh dari pusat kota. Setidak-tidaknya, masyarakat mempunyai kesempatan tambahan mendapatkan berbagai layanan pengobatan dari yang mereka terima selama ini. ”Semoga dengan pengobatan gratis, tingkat kesehatan masyarakat meningkat.”

Membantu

Dokter Deo Lukmana dari RSU Mardi Rahayu juga memberikan materi singkat soal hipertensi dan diabetes. Pengetahuan tersebut diharapkan memberi pemahaman kepada warga untuk dapat melakukan antisipasi dan menjalani pola hidup sehat.

Selain layanan pengobatan gratis, pada kesempatan tersebut diberikan bantuan kursi roda dan tongkat bantu untuk berjalan. Salah seorang penerima bantuan kursi roda, Haryanto (43), penduduk Dukuh Krajan, Desa Rahtawu, mengaku menderita kelumpuhan akibat kecelakaan kerja. ”Kursi roda ini sangat membantu.”(H8-14)