14 September 2017 | Suara Banyumas

Perusahaan Rasakan Kontribusi Mahasiswa IT Telkom Purwokerto

PURWOKERTO - Perusahaan bidang telekomunikasi yang menjadi lokasi tujuan praktik kerja lapangan (PKL) merasakan kontribusi positif dari mahasiswa Institut Teknologi (IT) Telkom Purwokerto. Meski belum lulus, kemampuan mereka bisa disamakan dengan tenaga profesional lain.

Hal itu diungkapkan oleh perwakilan PT Picotel Nusantara, Dendy Bhaskara Putra, ketika mengunjungi IT Telkom Purwokerto, pekan lalu. Menurut dia, para mahasiswa PKL mampu mengerjakan tugas selama mempraktikkan teori dari bangku kuliah. "Perusahaan sangat berterima kasih atas partisipasi mahasiswa selama PKL. Jelas ada kontribusi positif kepada perusahaan yang dirasakan secara langsung," kata dia.

Buka Peluang Magang

Selama pelaksanaan PKLtersebut, jelas Dendy, para mahasiswa diberikan tugas seperti layaknya karyawan perusahaan. Hasilnya, mereka mampu memenuhi syarat kualitas hasil kerja. Adapun pada kunjungan tersebut PT Picotel Nusantara menyerahkan sertifikat PKLdan perangkat drive test untuk melengkapi sarana praktikum di ITTelkom.

Selain itu, perusahaan telekomunikasi yang berkantor di Depok Jawa Barat ini membuka peluang magang bagi mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir maupun skripsi. "Kami membuka pintu selebarnya untuk kerja sama lebih lanjut di bidang pendidikan, terutama bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian skripsi atau menyusun tugas akhirnya," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I IT Telkom Alfin Hikmaturokhman ST MT mengatakan, seluruh mahasiswa kampus tersebut diarahkan sebagai tenaga profesional di bidang telekomunikasi. Jadi, mereka pun sangat siap ketika terjun di dunia kerja. "Mahasiswa IT Telkom memang diarahkan untuk menjadi tenaga profesional. Mereka tentu mahir dalam bidang masingmasing," kata dia. (K35-46)