13 September 2017 | Fokus Jateng

Taman Lele, Mata Air yang Dipenuhi Lele

KAMPUNGWisata Taman Lele juga dapat menjadi satu objek wisata alam sekaligus taman hiburan keluarga. Lokasi ini seluas lebih dari dua hektare ini memiliki aneka permainan untuk keluarga, baik permainan air seperti becak air, kolam renang, maupun permainan darat. Terdapat juga kebun binatang mini serta penginapan.

Taman yang berada di Jl Walisongo KM 10 ini memang memiliki nama yang cukup unik, Taman Lele. Tempat ini diberi nama Taman Lele, karena pada zaman dulu sebelum dijadikan taman, tempat itu merupakan hutan dengan sumber mata air yang dipenuhi ikan lele.

Kasubbag TU UPTD Kampung Wisata Taman Lele Semarang Lilis Yaniarti menuturkan, sekitar 1932 beberapa warga menemukan sendang yang jernih dan sumber mata air besar.

Akan tetapi, di tengah sendang yang di sekelilingnya dipenuhi pohon rindang itu, hidup ribuan ikan lele. ‘’Warga saat itu langsung menyebut tempat ini dengan nama Taman Lele, disusul warga sekitar dan luar daerah yang kemudian datang melihat sendang dengan ribuan ikan lelenya,’’katanya.

Danau Buatan

Para pengunjung bisa juga berkeliling di kebun binatang dan bermain air di kolam renang, duduk santai di taman bermain atau danau buatan. Di dua tempat tersebut, pengunjung bisa menggelar tikar dan menikmati santap siang bersama.

Layaknya permainan di taman kanak-kanak, taman bermain di Taman Lele memiliki arena permainan yang cukup lengkap. Ayunan dan aneka jenis perosotan disediakan untuk menghibur anak-anak. Bagi pengunjung yang ingin bermalam di tempat wisata itu, juga tersedia penginapan dengan harga sewa yang cukup murah.

Kamar-kamar dihadapkan ke danau buatan. Sebuah gazebo juga disediakan untuk dudukduduk menikmati malam sambil berinternet melalui akses Wifi yang tersedia.

Lilis mengatakan, pada 1932 hingga 1976 objek wisata itu dikelola Pemerintah Kabupaten Kendal. Setelah adanya pemekaran wilayah, taman itu kemudian dikelola Pemerintah Kota Semarang di bawah Dinas Taman Hiburan Rakyat (THR).(Muhammad Syukron, Eko Fataip-27)